Jelang 1 Tahun Pandemi, Satgas Jabar Ingatkan Alur Warga Jika Kena Corona

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 13:16 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona. (Ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Pandemi COVID-19 hampir berlangsung selama satu tahun di Jawa Barat. Walau begitu masih banyak warga yang belum paham soal 'apa yang harus dilakukan' saat mengetahui diri atau orang terdekat terpapar virus Corona.

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Daerah Jawa Barat Daud Achmad mengatakan hal pertama yang harus dilakukan adalah tidak panik. Selanjutnya, buat laporan kepada pengurus RT atau RW setempat soal kondisi medis yang dialami.

"Informasikan kepada RT atau RW setempat kalau positif, nanti dari RT/RW akan berkoordinasi dengan posko di kelurahan dan puskemas, nanti ada petugas kesehatan yang mengontak," ujar Daud, Sabtu (27/2/2021).

Daud mengatakan petugas kesehatan kemudian akan melakukan wawancara untuk menilai apakah warga yang terpapar ini harus dirawat di rumah sakit atau melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Kalau kondisi rumahnya tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri, puskesmas nanti yang akan mengarahkan apa diisolasi di hotel atau fasilitas milik pemerintah, tergantung dari tingkat keterisiannya. Kalau untuk hotel itu yang membayar pemerintah," katanya.

Kendati begitu, ujar Daud, warga yang akan diisolasi mandiri tak boleh menawar untuk diisolasi di lokasi tertentu. "Ya mau bagaimana lagi tidak bisa memilih untuk diisolasi di hotel atau tempat isolasi lain," ucap Daut.

Angka positif COVID-19 di Jawa Barat telah mencapai 209.566 kasus hingga 27 Februari 2021. 36.398 pasien masih dirawat, 170.864 telah sembuh atau selesai menjalani isolasi dan 2.304 orang lainnya meninggal dunia.

(yum/bbn)