Habisi Nyawa Majikan, ART Bandung Ngaku Rumah Kerampokan ke Tetangga

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 11:09 WIB
Pelaku pembunuhan seorang lansia di Bandung.
Pembunuh lansia di Bandung (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung - Ratna Delta (22) nekat menghabisi nyawa majikannya Dewi Romlah (80). Usai membunuh majikan, asisten rumah tangga (ART) itu merekayasa kejadian seolah terjadi aksi perampokan di rumah majikannya.

"Kejadiannya bermula ketika tersangka mengetuk pintu rumah tetangganya dengan maksud meminta tolong karena yang bersangkutan menderita luka robek akibat senjata tajam di bagian perut dan memberitahukan bahwa telah terjadi perampokan dengan menganiaya korban (majikan) dan diberitahu korban di kamar mandi," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (26/2/2021).

Beberapa warga di kediaman korban di komplek Buana Cigi Regency langsung datang dan masuk ke dalam rumah. Warga kemudian menemukan Dewi tergeletak bersimbah darah.

Personel Sat Reskrim Polrestabes Bandung yang dipimpin Kasat Reskrim AKBP Adanan Mangopang kemudian datang ke lokasi usai menerima laporan adanya perampokan. Penyidik Sat Reskrim melakukan penyidikan namun tak menemukan tanda-tanda adanya kasus perampokan.

"Dari hasil olah TKP didapat keterangan yang bisa mengindikasikan bahwa laporan terjadinya pencurian dengan kekerasan hanya rekayasa dan hasil penyelidikan lebih lanjut telah terjadi perbuatan penganiayaan yang mengakibatkan meninggal dunia atau pembunuhan," tuturnya.

Proses penyidikan pun mengarah ke ART bernama Ratna Delta sebagai pelaku. Dua alat bukti dikantongi penyidik untuk menyimpulkan pelaku pembunuhan.

Sebelumnya, Seorang lansia berusia 80 tahun ditemukan tewas tergeletak bersimbah darah. Lansia bernama Dewi Romlah itu ditemukan tewas di dalam kamar mandi.

Dewi ditemukan tewas di kamar mandi rumahnya di Komplek Buana Cigi Regency, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, pada Kamis (18/2/2021) malam. Ditemukannya Dewi tewas diketahui dari asisten rumah tangganya (ART) yang meminta pertolongan tetangga.

"Saya baru pulang, kemudian ada yang ngegedor pintu. Ada yang teriak 'tolong,tolong'. Pas dibuka, ternyata pembantunya (ibu Dewi). Sudah bersimbah darah, sobek di perut kanan. Saya tanya 'kalau bu haji mana?' dijawab ada di dalam," ujar Ricky Ruchendar (38) tetangga korban.

Lihat juga video 'Sopir Angkot di Purwakarta Ditemukan Tewas Membusuk di Kontrakan':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mud)