Lansia Tewas Bersimbah Darah di Bandung Ternyata Dibunuh ART Sendiri

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 10:22 WIB
Pelaku pembunuhan seorang lansia di Bandung.
Foto: Pelaku pembunuhan seorang lansia di Bandung (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung - Polisi berhasil mengungkap pelaku pembunuhan terhadap lansia di Bandung. Lansia bernama Dewi Romlah (80) itu ternyata dibunuh oleh asisten rumah tangganya (ART) sendiri.

Hal itu terungkap berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh tim Satreskrim Polrestabes Bandung yang dipimpin Kasat Reskrim AKBP Adanan Mangopang. Dari hasil penyelidikan itu, polisi berhasil menemukan alat bukti yang mengarah ke ART bernama Ratna Delta (22) sebagai pelaku.

"Kami melakukan pengungkapan terhadap kasus pembunuhan yang dilakukan oleh asisten rumah tangga kepada ibu rumah tangga (majikan)," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (26/2/2021).

Ratna melakukan aksi pembunuhan tersebut seorang diri di kediaman korban di komplek Buana Cigi Regency, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung pada Kamis (18/2) lalu. Ratna nekat membunuh majikannya menggunakan tongkat penopang badan.

"Pelaku memukul korban dengan menggunakan alat penopang badan sebanyak tiga kali di kepala bagian atas," kata Ulung.

Akibat aksi pemukulan itu, sang majikan mengalami luka cukup serius di bagian kepala. Dia kemudian diketahui meninggal dunia di tempat.

Kini, Ratna harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dia ditahan di rutan Mapolrestabes Bandung dengan diancam Pasal 351 ayat 3 KUHP Jo 338 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun bui.

Sebelumnya, Seorang lansia berusia 80 tahun ditemukan tewas tergeletak bersimbah darah. Lansia bernama Dewi Romlah itu ditemukan tewas di dalam kamar mandi.

Dewi ditemukan tewas di kamar mandi rumahnya di Komplek Buana Cigi Regency, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, pada Kamis (18/2/2021) malam. Ditemukannya Dewi tewas diketahui dari asisten rumah tangganya (ART) yang meminta pertolongan tetangga.

"Saya baru pulang, kemudian ada yang ngegedor pintu. Ada yang teriak 'tolong,tolong'. Pas dibuka, ternyata pembantunya (ibu Dewi). Sudah bersimbah darah, sobek di perut kanan. Saya tanya 'kalau bu haji mana?' dijawab ada di dalam," ujar Ricky Ruchendar (38) tetangga korban.

Lihat juga video 'Pria di Sukabumi Tega Bunuh-Buang Nenek Kasinem ke Septic Tank!':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)