Ridwan Kamil Lantik 5 Kepala Daerah di Gedung Merdeka, Ini Daftarnya

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 11:00 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Merdeka usai melantik lima kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020.
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Merdeka usai melantik 5 kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020 (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah melantik lima pasangan kepala daerah untuk periode 2021-2026. Pelantikan dilakukan di Gedung Merdeka, Kota Bandung pada Jumat (26/2/2021).

Lima pasangan yang dilantik berasal dari Kabupaten Karawang, Sukabumi, Pangandaran, Indramayu dan Kota Depok.

"Semua hadir kecuali wali kota Depok karena sedang sakit sehingga dilantik secara virtual di Depok, kemudian 3 daerah lainnya satu waktu jabatannya sampai bulan Mei yaitu bupati Cianjur jadi belum bisa dilantik di Jumat ini," kata Ridwan Kamil seusai melantik.

"Kemudian Kabupaten Bandung dan Kabupaten Tasik keputusan MK baru hadir kurang lebih di bulan Maret sehingga kita masih menunggu hasilnya dan keputusan finalnya seperti apa," tutur pria yang akrab disapa Kang Emil itu melanjutkan.

Ia menitipkan pesan kepada kepala daerah yang baru dilantik untuk menjaga integritas, ikhlas menjalani pekerjaan dan profesional. Kepala daerah yang baru ini pun harus bisa sigap menyelesaikan persoalan, khususnya yang berkaitan dengan pandemi.

"Covid mengajarkan kita tidak boleh biasa-biasa saja harus luar biasa, harus mau beradaptasi dengan teori baru membangun daerah masing-masing tidak bisa lagi menggunakan teori lama dalam membangun daerahnya. Kami akan membimbing baik mereka datang ke Bandung atau kita yang datang ke daerah masing-masing untuk memberikan penguatan-penguatan mayoritas memang incumbent kecuali satu dari kabupaten Indramayu saja," kata Kang Emil.

Berikut lima pasangan kepala daerah yang dilantik di Gedung Merdeka:

1. Kabupaten Pangandaran: Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan

2. Kabupaten Indramayu: Nina Agustina-Lucky Hakim

3. Kabupaten Sukabumi: Marwan Hamami-Iyos Sumantri

4. Karawang: Cellica Nurrachadiana-Aep Syaepuloh

5. Kota Depok: Mohammad Idris-Imam Budi Hartono (yum/mso)