Ridwan Kamil Ngaku Ditawari Pimpin Parpol di Jabar, PKB: Sementara Belum

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 19:05 WIB
Ridwan Kamil (Isal Mawardi/detikcom)
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Isal Mawardi/detikcom)
Bandung -

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ikut bicara soal pernyataan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang mengaku ditawari pimpin parpol di Jawa Barat. Sebagai partai pendukung di Pilgub Jabar, PKB menilai Kang Emil sapaan Ridwan Kamil memang cocok menjadi kader partai.

"Sebagai kawan saya setuju kalau Kang Emil pilih partai politik. Supaya pertanggungjawaban politik dan moral politiknya jelas di kemudian hari. Saya termasuk berharap seluruh pemimpin, elit bangsa menjadi bagian partai politik. Satu-satunya pilar bagi proses demokrasi di Indonesia kan partai politik," ucap Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda saat dihubungi, Rabu (24/2/2021).

Kendati demikian, Huda menyatakan sejauh ini PKB Jabar belum menawarkan Emil untuk bergabung di PKB. Menurut Huda, bergabungnya seseorang apalagi tokoh, perlu ada keinginan dari kedua belah pihak.

"Sementara ini belum. Karena untuk menjadi bergabung ke partai itu harus bersenyawa berinisiasi dua belah pihak. Nggak cukup inisiatif dari partai. Tapi harus ada inisiatif dari person sendiri. Misalkan Kang Emil jadi harus ada sama-sama mengambil inisiatif," kata dia.

Sementara untuk menjadi pimpinan di daerah, kata Huda, PKB memiliki mekanisme sendiri melalui Musyawarah Wilayah. Untuk Muswil sendiri sudah berlangsung beberapa waktu lalu dengan hasil dirinya kembali memimpin di Jabar.

"Kalau melalui mekanisme yang sudah ada baru saja muswil. Artinya secara tahapan politik dan juga momentun rekrutmen kepemimpinan di level Jawa Barat sudah lewat. Saya nggak tahu partai lain. Kalau di kita sih berharap PKB partai kader ya selayaknya sebagai partai kader. Ada proses di mana siapapun yang mau menjadi bagian kader. Soal langsung ditempatkan pimpinan atau itu saya kira bagian dari decision pimpinan pusat," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku banyak ditawari menjadi pimpinan partai di Jawa Barat. Namun, dia belum mau menerima pinangan dari partai tersebut.

"Yang bisa saya sampaikan begini, saya ini ditawari untuk memimpin partai di Jabar, ada beberapa. Tapi semuanya belum bisa saya penuhi," ucapnya di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin (22/2/2021).

Pria yang akrab disapa Kang Emil tak menjelaskan partai mana saja yang meminangnya untuk memimpin. Akan tetapi, dia menyebut belum maunya masuk memimpin parpol di Jabar lantaran fokus sebagai gubernur.

"Saya sedang berkonsentrasi penuh memastikan kerja Gubernur Jabar sesuai sumpah saya itu berjalan dengan baik dan lancar," ujar dia.

Kang Emil bicara soal partai usai ditanya perihal isu yang beredar dirinya mengincar kursi ketua DPD Golkar Jabar. Dia membantah dan menegaskan hal itu tidak benar.

"Saya kira itu informasi tidak betul. Kalau betul sejak kemarin Musda ada pergerakan. Kan ini nggak ada," tuturnya.

Simak video 'Unggah Foto Ijazah, Ridwan Kamil Dipuji Netizen karena Makin Ganteng':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)