Luhut Dorong Pengembangan Wisata-Perikanan di Kawasan Selatan Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 17:06 WIB
Luhut rapat koordinasi dengan Pemkab Sukabumi terkait pengembangan wilayah selatan
Luhut rapat koordinasi dengan Pemkab Sukabumi terkait pengembangan wilayah selatan (Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Sukabumi)
Sukabumi - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menggelar rapat koordinasi secara virtual mengenai pembangunan kawasan pesisir selatan Kabupaten Sukabumi.

Dalam rapat yang digelar secara daring dan mengedepankan protokol kesehatan di Gedung Negara Pendopo Sukabumi tersebut terlihat hadir Plh Bupati Sukabumi Zainul S dan nyaris diikuti seluruh kepala dinas, instansi, badan dan pihak kecamatan.

Dalam rapat itu Luhut mengatakan kawasan selatan Kabupaten Sukabumi khususnya Ujunggenteng memiliki potensi yang luar biasa, terutama dari segi wisata dan perikanan.

"Potensi Ujunggenteng sangat luar biasa. Makanya harus ada pembangunan. Sehingga, masyarakat di sana bisa merasakan manfaatnya," kata Luhut dalam percakapan video yang digelar di ruangan pendopo, Rabu (24/2/2020).

Berkaitan rencana pembangunan kawasan Ujunggenteng, Luhut mengaku telah berkoordinasi dengan berbagai kementerian. Untuk menyiapkan berbagai akses seperti pertanahan, air, jalan, listrik dan lainnya.

"Tata ruang kunci dalam pengembangan kawasan Ujunggenteng. Jangan sampai ada pembangunan yang tidak bagus," tegas Luhut.

Dikonfirmasi terpisah, Plh Bupati Sukabumi Zainul S mengatakan, Ujunggenteng telah masuk dalam kawasan pariwisata dan perikanan di dalam tata ruang Kabupaten Sukabumi. Apalagi wilayah itu masuk ke dalam masterplan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

"Pembangunannya pasti akan lebih tertata. Kami pun bersyukur, pembangunan kawasan Ujunggenteng mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah pusat," ungkap Zainul.

Bahkan berbagai kebutuhan pembangunan Ujunggenteng akan difasilitasi oleh pemerintah pusat. Mulai dari akses jalan dan lainnya. "Kami tentu berterima kasih banyak atas dukungan penuh ini," pungkas Zainul. (sya/mud)