17.300 Vaksin Corona Tahap 2 Tiba di Ciamis, Prioritas untuk TNI-Polri

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 15:42 WIB
Vaksin COVID-19 tiba di Ciamis.
Foto: Vaksin COVID-19 tiba di Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis - 17.300 dosis vaksin tiba di Kabupaten Ciamis. Vaksin terebut akan diprioritaskan untuk personel TNI dan Polri.

Vaksin yang baru saja tiba itu langsung disimpan di gedung penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan Ciamis, Jalan Iwa Kusuma Somantri, Ciamis.

Kabid P2P Dinas Kesehatan Ciamis Bayu Yudiawan mengatakan vaksin ini untuk vaksinasi tahap 2, dengan sasaran pelayan publik. Total penerima sementara sebanyak 24 ribu dan dinamis akan bertambah.

"Dari 24 ribu dosis yang kita butuhkan baru datang 17.300 dosis. Jadi kita masih kekurangan sekitar 7 ribu dosis lagi untuk yang tahap 2. Juga kita masih kurang 2.500 untuk tahap 1 bagi para nakes," ujar Bayu usai menerima vaksin, Rabu (24/2/2021).

Bayu menjelaskan, untuk vaksinasi tahap 1 bagi nakes ditargetkan selesai pada akhir Februari, termasuk nakes susulan. Sedangkan untuk tahap 2 ini, penyuntikan vaksin akan dilaksanakan pada bulan Maret.

"Dilaksanakan bulan Maret, yang didahulukan adalah pihak-pihak yang berkaitan dengan layanan publik, TNI-Polri diutamakan. Semoga nanti bisa semua terlayani," ungkapnya.

Bayu menegaskan pada vaksinasi tahap 1 berjalan lancar dan tidak ada masalah. Namun hanya ada beberapa nakes yang tertunda dan belum terakomodir karena menunggu ketentuan indikasi pemberian vaksin.

"Saya hanya ingatkan meskipun telah divaksin tetap melaksanakan protokol kesehatan agar tidak terpapar virus corona. Karena untuk membentuk kekebalan tubuh muncul biasanya 28 hari," ujarnya. (mso/mso)