Bendungan Sindangheula Bisa Pasok Air Baku Serang-Cilegon

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 10:30 WIB
Bendungan Sindangheula
Bedungan Sindangheula (Foto: Bahtiar Rivai/detikcom)
Serang -

Bendungan Sindangheula di Serang dalam waktu dekat akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Bendungan ini merupakan proyek strategis nasional dan bisa memasok air baku untuk Cilegon, Kota Serang, Kabupaten Serang, termasuk untuk pertanian.

"Besok Kamis, presiden rencananya ke Sindangheula, meresmikan," kata Gubernur Banten Wahidin Halim di Serang, Rabu (24/2/2021).

Saat bendungan ini difungsikan, kapasitas airnya bisa mengaliri seribu hektare lebih sawah melalui sungai Cibanten. Bahkan, industri di Cilegon dan Serang bisa mendapat manfaat adanya bendungan ini sebagai pasokan air.

Bendungan Sindangheula dibangun dengan luas area genangan mencapai 129 hektare. Waduk ini memiliki potensi 0,4 Megawatt dan bisa jadi potensi wisata lokal. Manfaat lain adalah pengendalian banjir daerah hilir khususnya Kota Serang dan Kabupaten Serang.

Berdasarkan catatan detikcom, pemerintah waktu itu menargetkan pembangunan bendungan selesai pada 2018. Pemprov Banten lalu membantu berjalannya proses pembebasan lahan. Kemudian, pada 2019, proses impounding atau pengisian air mulai dilakukan pada bendungan.

(bri/bbn)