Banten Mulai Vaksinasi Lansia, Sasaran Pertama di Kota Serang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 08:42 WIB
Vaksinasi COVID-19 mulai dilakukan kepada kelompok lansia di DKI Jakarta. Salah satu lokasi pemberian vaksin berada di Puskesmas Pondok Pinang, Jaksel.
Vaksin Corona (Foto: Grandyos Zafna)
Serang -

Vaksinasi khusus di Banten pertama kali akan dilakukan di Kota Serang. Ada 2.300 lansia se ibu kota provinsi ini yang didata akan menerima vaksin dan rencananya bisa dimulai hari ini, Rabu (24/2/2021).

"Ada 2.300 lansia, namun yang sudah daftar ulang baru 300an," kata Kadinkes Banten Ati Pramudji kepada wartawan.

Per hari ini, 300-an lansia yang mendaftar itu akan jadi lansia pertama menerima vaksin di Kota Serang. Targetnya seluruh lansia di kota ini selesai pada akhir Februari. kemudian pada Maret, kota-kota lain di Banten baru akan mendapatkan giliran.

"Lansia di wilayah lain buru-buru pengen divaksinasi, tapi karena arahan dari pusatnya untuk Februari ini khusus Kota Serang," ujarnya.

Pendaftaran bisa dilakukan online melalui laman serang.kemenkes.go.id. Sebagaimana umumnya, saat diberi dosis mereka akan dilakukan skrining dan cek status kesehatan oleh tim dokter. Berdasarkan rekomendasi perhimpunan dokter penyakit dalam, penyakit seperti hipertensi, jantung atau diabetes yang terkontrol menurutnya dibolehkan untuk disuntik.

"Artinya bahwa vaksinasi ini benar-benar semakin aman, karena sampai saat ini kejadian ikutan pasca imunisasi di Banten baru ada dua kasus sedang, kalau berat belum ada," terangnya.

Untuk lansia di lingkungan tenaga kesehatan bahkan hampir seluruhnya telah diberi vaksin. Rata-rata, ia mengatakan tidak ada gejala pasca mereka diimunisasi Sinovac termasuk untuk lansia.

Simak video 'Kemenkes: Banyak Penerima Vaksinasi Alami Efek Samping Akibat Stres':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/mud)