Banjir Surut, Warga Tanjungmekar Karawang Mulai Bersih-bersih Rumah

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 16:57 WIB
Warga Karawang mulai bersih-bersih rumah
Foto: Yuda Febrian Silitonga
Karawang -

Setelah direndam banjir selama tiga hari, warga di Desa Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat mulai bersih-bersih rumah. Sebagian perabotan rumah tampak dijemur di depan rumah masing-masing, Senin (22/2) pagi.

Salah satu warga RT 07 RW 15, Kampung Babakan, Ibu Riyeum (52), mengatakan semua perabotan rumah dari mulai elektronik, tempat tidur, juga perabotan dapur hingga pakaian terendam banjir, dan kini tengah dibersihkan.

"Udah 3 hari banjir merendam rumah saya, semua perabotan semua tidak bisa saya bawa," katanya sembari membersihkan lumpur yang menutupi lantai keramik rumahnya.

Ditemui di tempat berbeda, Danramil 0401 Kecamatan Karawang Barat Kapten Inf. Suryadi mengatakan di Kecamatan Karawang Barat ada 4 wilayah yang terkena dampak banjir luapan sungai Citarum, yakni Adiarsa Timur, Karawang Kulon, Tanjungpura, dan Tanjungmekar.

"Yang terparah itu ada di Tanjungpura, dan Tanjungmekar, ketinggian air bisa sampai atap rumah," ujarnya di posko tanggap bencana Tanjungmekar.

Ia menjelaskan, kondisi terkini (hari ini) mengalami penurunan signifikan pada pukul 04.00 pagi. "Sekarang masyarakat tengah bersih-bersih," singkatnya.

Dalam pantauan di lapangan, warga masih belum membongkar tenda-tenda pengungsian yang didirikan secara mandiri. Namun, terlihat hilir mudik para donatur dari berbagai elemen tengah membagikan bantuan.

(ern/ern)