Round-Up

Pekan Ini Narkoba Sasar Kapolsek dan Publik Figure di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 09:31 WIB
Kapolsek Astanaanyar Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi
Foto: tangkapan layar YouTube Humas Polrestabes Bandung
Bandung -

Narkoba menyasar sejumlah kalangan. Mulai dari masyarakat biasa, public figure hingga aparat. Hal itu terbukti di Bandung, yang mana penyanyi dan polisi terlibat penyalahgunaan narkoba.

Mereka yang dimaksud yakni Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi yang sempat menjabat Kapolsek Astanaanyar dan penyanyi Rinada. Keduanya diamankan di pekan ini.

Kompol Yuni diamankan oleh Propam gabungan Mabes Polri dan Polda Jabar. Selain Yuni, ada 11 anak buahnya yang merupakan anggota Polsek Astanaanyar yang ikut diamankan.

Yuni pun kini sudah diamankan di Propam Polda Jabar untuk menjalani pemeriksaan. Bahkan status Yuni sebagai Kapolsek Astanaanyar sudah dicopot Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri.

Pencopotan Yuni itu termuat dalam surat telegram rahasia (TR) Kapolda Jabar bernomor ST/267/II/KEP/2021 tertanggal 17 Februari 2021.

"Kepada yang bersangkutan tentunya, kemarin sudah dilakukan pencopotan dari jabatannya sebagai Kapolsek selanjutnya bersama-sama dengan anggota lain yang terlibat kita terus melakukan pendalaman dan pemeriksaan," kata Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri di Mapolrestabes Bandung.

"Kalau memang hal itu benar dan bukti menunjukkan bahwa memang ada keterlibatan dalam penyalahgunaan narkoba, tentunya kita akan melakukan tindakan tegas," tutur Dofiri menambahkan.

Soal sanksi, Dofiri menganut pada pesan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Menurut dia, sesuai dengan pesan Kapolri, anggota yang terlibat narkoba terancam pemecatan hingga proses pidana.

"Jadi dua pilihannya tadi, dipecat atau dipidanakan. Jadi sangat jelas sekali tindakan kita terhadap anggota yang melakukan pelanggaran tadi. Bisa juga dua-duanya tergantung kesalahannya nanti ya, kita lihat," tuturnya.

Penyanyi Rinada

Tak berselang lama dari diamankannya Kompol Yuni, polisi di Bandung juga mengamankan penyanyi Rinada. Perempuan yang sempat tersandung kasus video syur berseragam PNS ini diamankan usai terbukti positif menggunakan sabu-sabu.

Rinada diamankan personel Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Bandung yang dipimpin Kasat Narkoba AKBP Ricky Hendarsyah di sebuah indekos di Bandung, pada Rabu (17/2).

Rinada sendiri saat ini sudah diserahkan ke BNN untuk menjalani rehabilitasi.

"Kemarin sudah dibawa ke BNN untuk dilakukan rehabilitasi," ujar Kasat Narkoba Polrestabes Bandung AKBP Ricky Hendarsyah saat dihubungi, Jumat (19/2/2021).

Ricky menuturkan Rinada direhab usai adanya pengajuan rehabilitasi dari keluarganya. Pihak kepolisian pun membawa Rinada ke BNN kemarin.

"Iya pengajuan (rehabilitasi) dari keluarganya," kata dia.

Lihat juga Video: Pertimbangan Hukum, Rekam Jejak Kompol Yuni di Kasus Narkoba Diusut

[Gambas:Video 20detik]



(err/ern)