Sungai Cileungsi Meluap, Puluhan Rumah di Bogor Terendam Banjir

M. Sholihin - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 14:37 WIB
Puluhan rumah di Vila Nusa Indah Gunungputri Kabupaten Bogor kembali terendam banjir, Jumat (19/2/2021). Banjir disebabkan luapan Sungai Cileungsi setelah kawasan hulu sungai dilanda hujan deras.
Petugas Tagana Kabupaten Bogor mengevakuasi warga terdampak banjir di Perum Vila Nusa Indah Gunungputri. (Foto: DOK.Tagana Kabupaten Bogor)
Kabupaten Bogor -

Puluhan rumah di Vila Nusa Indah Gunungputri, Kabupaten Bogor, kembali terendam banjir, Jumat (19/2/2021). Banjir disebabkan luapan Sungai Cileungsi setelah kawasan hulu sungai dilanda hujan deras.

"Ini di (perumahan) Vila Nusa Indah banjir lagi, mulai sekitar jam 12.00 WIB tadi," kata Wakil Ketua Tagana Kabupaten Bogor Mardi saat dihubungi detikcom.

Luapan Sungai Cileungsi, kata Mardi, sudah mulai masuk ke pemukiman warga dengan ketinggian mencapai 10-50 sentimeter. Wilayah yang mulai disambangi banjir yakni wilayah RW 13, 14, 15, 17, 18 dan 22. Wilayah ini juga disebut langganan banjir jika Sungai Cilwungsi meluap.

"Ketinggian air sudah sampai di badan jalan, ketinggian beragam antara 10-50 sentimeter. Yang sudah terendam RW 13, 14, 15, 17. Wilayah ini (Vila Nusa Indah) memang langganan banjir, kalau Sungai Cileungsi meluap wilayah ini yang pasti duluan banjir. Kalau total rumah terdampak, kita masih penelusuran di lokasi. Sampai sekarang sudah puluhan rumah yang terdampak," tutur Mardi.

Beberapa warga di bantaran sungai sudah mulai dievakuasi ke rumah-rumah warga lainnya yang aman dari banjir. "Sementara kita sedang penelusuran wilayah mana saja yang banjir, kita juga bawa perahu karet untuk evakuasi warga. Beberapa warga bantaran sungai sudah mulai kita evakuasi ke perkampungan yang lebih aman," tutur Mardi.

Kasie Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor Muhamad Adam mengatakan ada tiga titik banjir yang terjadi pagi ini di wilayah Kabupaten Bogor. Selain puluhan rumah di Vila Nusa Indah Gunungputri, banjir juga merendam puluhan rumah di Perumahan Bumi Mekar Sari Cileungsi, dan Desa Dayeuh Kolot Citereup, Kabupaten Bogor.

"Untuk banjir di Cileungsi dan Citereup sudah mulai surut, karena kan kejadian banjirnya sejak pagi tadi. Nah kalau yang Vila Nusa Indah ini memang baru mulai banjirnya, anggota sudah di lokasi bersama unsur dan relawan lainnya. Semua kita siapkan, mulai perahu karet, dan pompa sebagian mulai diaktifkan," tutur Adam.

Adam menyebut banjir di Vila Nusa Indah berpeluang meningkat. Karena luapan sungai Cileungsi belum semuanya tiba di Vila Nusa Indah.

"Ya kalau dilihat dari level air, ini belum sepenuhnya air sampai ke Vila Nusa Indah. Kondisi di hulu Sungai Cileungsi memang sudah mulai surut, tapi tadi sekitar jam 11 siang di hulu siaga satu. Perjalanan air sari hulu ke Vila Nusa Indah itu sekitar 3-4 jam," ucap Adam.

(bbn/bbn)