Tak Kuat Menanjak, Minibus Mundur-Terguling di Cisarakan Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 15:45 WIB
Minibus berpenumpang 8 orang terguling akibat tak kuat menanjak
Minibus berpenumpang 8 orang terguling akibat tak kuat menanjak (Foto: Istimewa)
Sukabumi -

Minibus berpenumpang 8 orang terguling setelah berusaha melintasi tanjakan Cisarakan di Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu, kabupaten Sukabumi. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Informasi yang diperoleh detikcom, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 08.45 WIB itu bermula saat minibus jenis Toyota Calya dengan nomor polisi B 1241 ERS itu dalam perjalanan dari arah Palabuhanratu menuju Jakarta. Usa melintasi jalanan lurus, kendaraan tersebut berhadapan dengan tanjakan Cisarakan yang memang terkenal karena kecuramannya yang nyaris 45 derajat.

"Nanjaknya pelan-pelan, sudah terlihat ngeden saat di tengah. Sudah begitu mobil itu melesat mundur menghantam tebing dan terguling, untung saja posisi saya sudah di atas, terdengar suara benturan keras," kata Afwan, pemotor yang berada di lokasi, Kamis (18/2/2021).

Petugas kepolisian bersama Dishub Kabupaten Sukabumi tiba di lokasi dan mengevakuasi seluruh penumpang di dalam kendaraan, polisi memastikan mereka selamat. Hanya kendaraan yang dibawa oleh korban yang diketahui merupakan warga Depok itu dalam keadaan rusak.

"Kendaraan yang dibawa oleh supir bernama Jamun melaju dari arah Palabuhanratu menuju Cikidang. Sesampainya di tempat kejadian pada saat melintasi jalan lurus kemudian menanjak," kata Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Riki FM.

Sama seperti keterangan warga, kendaraan itu meluncur mundur sampai kemudian menghantam tebing dan terguling. Petugas bersama warga kemudian bersama-sama mengevakuasi kendaraan tersebut berikut penumpang di dalamnya.

"Dikarenakan tidak kuat (melintasi tanjakan) sehingga kendaraan Toyota Calya Nomor Polisi B 1241 ERS melaju mundur mengakibatkan bagian belakang pada kendaraan mengenai tebing yang berada di sebelah kiri jalan dengan posisi terakhir ban sebelah kiri berada di atas," pungkas Riki.

Simak video 'Mobil Pikap Tahu Bulat Terperosok Tabrak Pohon Pisang di Sukabumi':

[Gambas:Video 20detik]



(sya/mud)