Jabatan Marwan Hamami Berakhir, Plt Sekda Ditunjuk Jadi Plh Bupati

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 21:41 WIB
Marwan Hamami dan Zainul S
Foto: Marwan Hamami dan Zainul S (Istimewa).
Sukabumi -

Masa jabatan kepemimpinan Marwan Hamami dan Adjo Sardjono sebagai Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021 telah genap lima tahun. Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah, akhirnya Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Zainul S telah resmi ditunjuk menjadi pelaksana harian (Plh) Bupati Sukabumi.

Prosesi serah terima jabatan Bupati Sukabumi dari Marwan Hamami kepada Zainul S, dilaksanakan di Pendopo Sukabumi dengan menerapkan protokol kesehatan, Rabu (17/2/2021).

Kepada awak media Marwan mengatakan, hari ini bersama wakilnya Adjo Sardjono telah genap lima tahun memimpin Kabupaten Sukabumi. Selama memimpin, dia mengaku banyak dibantu jajaran perangkat daerah. Sehingga, pembangunan di Kabupaten Sukabumi bisa seperti saat ini.

"Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran Forkopimda, Perangkat Daerah, dan semua pihak yang turut serta membangun Kabupaten Sukabumi," terang Marwan.

Menurut Marwan, kemajuan Kabupaten Sukabumi harus terus dilanjutkan dan jangan sampai pembangunan yang terus berjalan saat terhenti. "Mari lanjutkan kebaikan yang selama ini telah diperbuat. Mumpung kita masih diberikan kesempatan untuk mengabdi demi Kabupaten Sukabumi yang lebih baik," ucap dia.

Marwan meyakini, di bawah kepemimpinan Zainul sebagai Plh Bupati Sukabumi akan ada berbagai langkah strategis. Baik yang faktual maupun akuntabel.

"Saya percaya di bawah Pak Zainul, akan ada terobosan dan inovasi yang dapat mempercepat penanganan berbagai permasalahan pembangunan. Termasuk pandemi COVID 19," ungkapnya.

"Saya juga berpesan, seluruh Perangkat Daerah tetap menjaga sinergitas dan kondusifitas yang telah dibangun, baik dilingkup internal maupun eksternal," sambungnya.

Sementara itu, Plh Bupati Sukabumi Zainul S mengatakan amanah baru ini, akan diemban dengan sebaik baiknya hingga adanya Kepala Daerah Definitif.

"Selama menjabat, saya mohon doa, dukungan, dan saran agar bisa menjalankan amanah ini sebaik baiknya. Terkait program tentunya akan melanjutkan program yang telah ada. Sehingga, ketika ada pelantikan kepala daerah yang baru, tidak akan mengalami hambatan," papar Zainul.

Zainul menilai, pesan dan amanat dari Marwan Hamami sebagai Bupati Sukabumi, memang cukup luar biasa karena ia berhasil menjadi Bupati Sukabumk dalam memajukan Sukabumi menjadi lebih baik.

Bukan hanya itu, Marwan Hamami juga banyak menoreh prestasi baik tingkat nasional maupun tingkat Provinsi Jawa Barat. Sehingga dalam masa jabatan ia sebagai Plh Bupati Sukabumi ini, tentunya harus mempertahan dengan hal itu sampai dengan pelantikannya Marwan Hamami-Iyos Somantri atau Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi terpilih.

"Saya akan menjabat sebagai Plh selama dua minggu. Sementara untuk segment pelayanan, saya pikir tidak akan menjadi hambatan karena pelayanan semuanya sudah berjalan. Jadi kita hanya akan melanjutkan pelayanan saja sampai menunggu pelantikan bupati depinitif. Selain itu, perherlatan Pilkada juga telah berlangsung lancar dan Kabupaten Sukabumi terbaik se Jawa Barat," ujarnya.

(sya/mso)