Siaga Banjir 18-19 Februari, Ini Lokasi Rawan di Tangerang

ADVERTISEMENT

Siaga Banjir 18-19 Februari, Ini Lokasi Rawan di Tangerang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 21:03 WIB
special bulkhead to block water during the flood
Foto: Ilustrasi banjir (iStock).
Tangerang -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini bahaya banjir akibat potensi hujan pada 18-19 Februari. Beberapa daerah di Kabupaten Tangerang siaga khususnya daerah sepanjang aliran sungai.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangerang Kosrudin mengatakan, potensi banjir di wilayahnya sangat tergantung dari hujan di bagian hulu di Bogor dan Lebak.

Di Tangerang bagian timur, daerah ini dilewati sungai Cisadane dan Cirarab yang hulunya di Bogor. Saat hujan deras di sana, daerah yang rawan antara lain Kelapa Dua, Pasar Kemis, Tanjung Burung, dan Kohod.

"Ini hulunya di Bogor. Karena rawan banjir tergantung di hulu, kalau besok deras di Bogor maka yang kena banjir bagian timur," ujar Kosrudin, Rabu (17/2/2021).

Selain dua sungai itu, banjir juga rawan terjadi di wilayah Kronjo, Gunung Kaler, Balaraja, Tigaraksa, Jambe, dan Kronjo. Banjir bisa saja terjadi ketika hulu sungai Cidurian dan Cimanceuri di Kabupaten Lebak diguyur hujan lebat.

"Kalau hujan lebat hanya di Tangerang saya nggak khawatir. Saya lebih baik Tangerang hujan Bogor nggak hujan daripada sebaliknya. Kita sering kecolongan nggak hujan, ujug-ujug banjir. Apalagi kalau dua-duanya ekstrim," ujarnya.

Meski begitu, pihaknya mengaku sudah melakukan antisipasi terkait peringatan dini BMKG. Personel dan peralatan sudah dicek termasuk perahu jika sewaktu-waktu banjir.

"Kita sudah siapkan, alat dan personel siaga, bahkan tenda minimal 2-3 sudah ada," ujarnya.

(bri/mso)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT