KPU Tetapkan Jeje-Ujang Pemenang Pilbup Pangandaran

Faizal Amiruddin - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 15:38 WIB
Penetapan Jeje-Ujang sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran terpilih.
Foto: Penetapan Jeje-Ujang sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran terpilih (Faizal Amiruddin/detikcom).
Pangandaran - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran menetapkan pasangan Jeje Wiradinata dan Ujang Endin Indrawan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran terpilih hasil Pilkada 2020.

Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran digelar di sebuah hotel di kawasan pantai barat Pangandaran, Rabu (17/2/2021).

"Rapat pleno menetapkan pasangan calon nomor urut 1 yaitu Jeje Wiradinata dan Ujang Endin Indrawan sebagai calon terpilih Pilkada 2020," ucap Ketua KPU Pangandaran Muhtadin.

Setelah penetapan ini, berkas berita acara dan keputusan KPU Pangandaran diserahkan ke DPRD dan Pemerintah Daerah untuk diproses sebagai syarat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran.

"Setelah dibahas oleh Bamus DRPD lalu diusulkan ke Kemendagri melalui Pemprov Jabar," kata Muhtadin.

Sejauh ini untuk seluruh pelaksanaan tahapan, mulai dari persiapan hingga penyelenggaraan Pilkada berjalan kondusif dan tertib. "Meskipun di dalamnya ada dinamika-dinamika dalam proses tahapan," ujarnya.

Sementara Bupati Pangandaran terpilih Jeje Wiradinata mengutarakan rasa syukurnya. "Penetapan ini menandakan bahwa kita semua sukses melaksanakan Pilkada. Walaupun berliku dan ada dinamika, itu sebuah hal yang wajar dalam demokrasi. Pilkada sudah selesai, mari kita melanjutkan pembangunan Pangandaran," kata Jeje.

Pada Pilkada Pangandaran, pasangan nomor urut 1 Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan berhasil menjadi peraih suara terbanyak dengan 138.152 suara. Sementara seterunya pasangan Adang Hadari-Supratman meraih sebanyak 128.187 suara.

Selisih yang tergolong tipis ini, atau hanya terpaut selisih 3 persen kemudian digugat oleh pasangan Adang Hadari-Supratman ke Mahkamah Konstitusi.

Namun pada sidang putusan yang digelar Senin lalu, permohonan atau gugatan tersebut ditolak oleh hakim konstitusi. Sehingga pihak KPU pun akhirnya bisa menetapkan pasangan Jeje Wiradinata-Ujang Endin sebagai pemenang Pilkada. (mso/mso)