Relokasi Korban Longsor di Cilawu, Pemkab Garut Siapkan Rp 8 M

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 15:00 WIB
Longsor di Garut.
Foto: Longsor di Garut (Istimewa).
Garut -

Warga Cilawu, Garut yang terdampak longsor mengerikan beberapa waktu lalu akan direlokasi. Pemda menyiapkan anggaran dan tempat relokasi bagi para korban longsor.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan pemerintah daerah menyiapkan anggaran sebesar Rp 8 miliar untuk merelokasi puluhan korban di sana.

"Sudah kita siapkan, ada anggaran kurang lebih Rp 8 miliar. Itu untuk relokasi korban ke tempat yang lebih aman," ucap Rudy kepada wartawan, Rabu (17/2/2021).

Longsor mengerikan terjadi di tengah-tengah pemukiman masyarakat Garut tepatnya di Kampung Cipager, Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu pada Jumat, 12 Februari 2021.

Longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur lokasi. Tebing setinggi 50 meter dengan lebar 500 meter runtuh seketika saat itu. Tebing dengan tinggi sekitar 50 meter longsor saat hujan deras melanda kawasan tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, dari beberapa dokumentasi pantauan udara terlihat kondisi longsoran tebing itu begitu mengerikan. Banyak rumah warga yang terancam runtuh ketika longsoran melebar.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan longsoran di kawasan Cipager itu sudah terjadi sejak 2015 lalu. "Yang Cilawu itu, tahun 2015 juga sudah ada retakan-retakan longsor kecil. Kalau yang sekarang ini sangat luas," ucap Helmi, Rabu (17/2/2021).

Saat ini, berdasarkan data yang didapat Helmi, ada 9 kepala keluarga (KK) yang rumahnya sudah tidak bisa ditinggali lagi serta sekitar 41 KK lainnya yang rumahnya terancam longsor susulan.

Seratusan jiwa yang terancam kini sudah dievakuasi dan tinggal di tempat pengungsian sementara. Ada sekitar 4 tempat pengungsian yang dikelola pemda dan masyarakat di lokasi.

Terkait upaya relokasi, sambung Helmi, saat ini Pemda Garut sedang mencari lahan yang layak bagi para korban bencana longsor ini.

"Kami sedang mencarikan bagaimana ini bisa dilakukan relokasi. Saya saat ini sudah minta bu Camat, Kades, dicari tanah yang bisa jadi tempat relokasi," tutup Helmi.

Simak juga Video: Terkena Longsor, Kawasan Wisata Kuliner di Bekasi Porak-poranda!

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)