Langgar Ganjil Genap Bogor, Pengendara Moge Dikalungi 'Pelanggar PPKM'

M. Sholihin - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 14:18 WIB
Pengendara Moge Pelanggar Ganjil Genap Bogor
Pengendara moge yang melanggar ganjil genap di Kota Bogor dikalungi 'Pelanggar PPKM'. (Foto: M. Sholihin/detikcom)
Bogor - Polisi mengamankan rombongan pengendara moge yang melaju di Kota Bogor saat ganjil genap diberlakukan. Ada tiga pengendara yang diamankan karena motornya bernopol ganjil saat melintas di tanggal genap.

Pantauan detikcom, ketiga pengendara moge dibawa petugas Polresta Bogor Kota menggunakan truk khusus pelanggar prokes dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Ketiga pengendara moge tersebut sudah dikalungi papan dengan tulisan 'PELANGGAR PPKM'.

Setibanya di Balaikota Bogor, ketiganya langsung menjalani proses pendataan di meja petugas Satgas COVID-19 Kota Bogor. Kepada para pelanggar, petugas menjelaskan pelanggaran yang dilakukan dan sanksi yang diberikan. Mereka kemudian diminta menandatangani berita acara penindakan dan membayar denda sebesar Rp 250 ribu.

"Jadi saya apresiasi pak kapolresta dengan jajaran dengan mengidentifikasi dengan sangat cepat. Saya bisa merasakan bagaimana warga merasa ada yang tidak adil ada yang didenda disuruh putar balik sementara ini terkesan dibiarkan," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di Balaikota Bogor, Sabtu (13/2/2021).

"Saya kira ini pembelajaran untuk semua agar mentaati aturan. Jadi sudah diproses dikenakan denda maksimal sesuai dengan aturan. Saya kira ini pesan untuk semua bahwa kami tidak pandang bulu, siapapun itu akan ditindak dengan aturan," ucap Bima menambahkan.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan ada 3 (tiga) pengendara yang diamankan sari total 12 pengendara moge yang melintas pada Jum'at (12/2/2021). Ketiganya diamankan karena mengendarai motor bernopol ganjil di tanggal genap.

"Setelah viral kejadian tersebut tim dari Polresta Bogor Kota berusaha mengumpulkan semua video-video dan sebagainya, maka sekitar dini hari pukul 01.00 WIB, kami berhasil mengidentifikasi serta mengumpulkan semua 12 pengendara dan diidentifikasi tiga orang menggunakan plat ganjilnya," tutur Susatyo.

Penjelasan polisi soal 3 pengendara moge yang melanggar ganjil genap bisa disaksikan dalam video di bawah:

[Gambas:Video 20detik]




(bbn/bbn)