Semangat Penyandang Tunanetra Sukabumi Membaca Al-Quran Braille

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 19:51 WIB
Al-Quran Braille di Sukabumi
Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi -

Ayat suci Al-Quran dibacakan para santri penyandang tunanetra Sekolah Luar Biasa (SLB) A Budi nurani di Jalan Balandongan, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi. Jari telunjuk mereka terus meraba kertas yang merupakan Al-Quran model braille yang ada di pangkuannya.

Al-Quran yang mereka gunakan terdapat tulisan menggunakan sistem titik atau benjolan kecil pada permukaan kertas. Membacanya harus dengan menggunakan naluri perabaan.

Hari ini, lembaga Humanicare Indonesia menginisiasi sekaligus meluncurkan aksi gerakan wakaf 1000 Alquran Braille. "Aksi gerakan wakaf 1000 Al-Quran braille berikut terjemahannya ini merupakan langkah awal dari berbagai rencana aksi sosial yang digagas oleh lembaga Humanicare Indonesia bersama mitra dan para donatur sebagai bentuk kontribusi aksi sosial dan komitmen organisasi di masyarakat," kata Ketua Yayasan Humanicare Indonesia, Asep Komarudin, Sabtu (13/2/2021).

Selain kegiatan hari ini, yayasan juga menyampaikan amanah dari para donatur yang terkumpul hingga Februari 2021 yaitu sebanyak 570 Al-Quran braille dan terjemahannya. "Pemberiannya akan diberikan secara simbolis di wilayah kota dan Kabupaten Sukabumi serta di Kota Bandung," ujar Asep.

Untuk lokasi pertama pelaksanaan penyerahan donasi wakaf Al-Quran di Sukabumi, pihaknya menggandeng dan menyerahkan bantuan kepada para pelajar dan santri di lingkungan Sekolah Luar Biasa (SLB) A Budi Nurani Kota Sukabumi. Selain itu dalam waktu yang sama juga diberikan secara simbolis untuk para anggota Ikatan Tunanetra Muslimin Indonesia (ITMI) Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu, Ketua Panitia Gerakan Wakaf 1.000 Al-Quran Braille Eman Sulaeman menambahkan aksi ini digagas sebagai upaya pemberantasan buta huruf Al-Quran braille bagi penyandang disabilitas netra di Indonesia.

"Semoga inisiasi ini bisa menunjang kegiatan ibadah masyarakat penyandang tuna netra seperti pengajian, hapalan di masjid-masjid, mushola maupun tempat pertemuan," ucap Eman.

Dalam kesempatan yang sama juga disalurkan bantuan paket sembako yang diserahkan kepada pengelola SLB A Budi Nurani serta Ikatan Tunanerta Muslimin Indonesia (ITMI) Sukabumi.

(sya/bbn)