Penyebab Ribuan Kios di Pasar Baru Tutup, Haji Ditunda-Turis Dilarang

Siti Fatimah - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 17:32 WIB
Ribuan kios di Pasar Baru Bandung gulung tikar akibat Corona
Ribuan kios di Pasar Baru gulung tikar (Foto: Siti Fatimah)
Bandung -

Ribuan kios di Pasar Baru (Pasbar) Trade Center terpaksa gulung tikar dan tak beroperasi lagi sejak 11 bulan pandemi COVID-19 merebak di Kota Bandung. Setidaknya dari total 5.200 kios, 60 persen di antaranya sudah tutup total.

Pasar induk yang diminati dari lokal hingga mancanegara ini tak dapat beroperasi karena beberapa faktor diantaranya dari kebijakan penundaan pemberangkatan haji hingga larangan kunjungan warga asing.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru (HP2B), Iwan Suhermawan mengatakan, selama Pasbar berdiri pengunjung kebanyakan berasal dari luar Kota Bandung.

"Rata-rata pengunjung pasbar itu bukan hanya orang lokalan Bandung tetapi juga luar daerah dan luar pulau. Ada dari Malaysia juga semenjak negaranya memberlakukan lockdown pada April 2020 sudah tidak ada lagi yang datang," ujar Iwan kepada detikcom, Selasa (9/2/2021).

Dia mengatakan, kunjungan dari warga negeri jiran ini per harinya mencapai 500 sampai seribu orang. "Sangat berpengaruh dengan tidak ada mereka," ujarnya.

Lebih lanjut, adanya kebijakan penundaan keberangkatan umroh dan haji pun turut membuat pedagang terdampak. Dia mengatakan, Pasar Baru menjadi salah satu andalan jamaah untuk membeli oleh-oleh haji dan pakaian muslim.

"Ditambah dengan sistem belajar daring juga berpengaruh pada kios yang menjual seragam, sepatu, tas dari SD-SMA itu kan biasanya pasar-pasar se Jawa Barat belanjanya untuk dijual lagi dari Pasbar," tuturnya.

Hal lain yang menjadi penyebab tutupnya kios pun dilihat dari semakin sedikitnya acara hajatan dalam resepsi pernikahan. Imbasnya pada penjual souvenir yang sepi peminat.

Sejak dibuka pada 26 Juni 2020, salah satu pasar terbesar di Kota Bandung ini tak menunjukkan perkembangan yang signifikan. Dia berharap, kegiatan jual beli bisa berangsur membaik dan para pedagang dapat kembali melapak di Pasar Baru.

Sekedar diketahui, saat ini Pasar Baru buka dengan jam operasional normal sesuai dengan anjuran pemerintah. Beberapa penerapan protokol kesehatan pun diterapkan salah satunya pemasangan wastafel untuk mencuci tangan.

Tonton juga Video "Pedagang Pasar Baru Bandung Buka Paksa Jalan Otista-Suniaraja":

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)