Bidan di Pandeglang Positif COVID-19 Usai Divaksin

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 14:51 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Pandeglang -

Seorang bidan di Pandeglang, Banten dilaporkan positif COVID-19. Padahal, tenaga kesehatan (nakes) di salah satu puskesmas tersebut baru saja menjalani proses vaksinasi serentak beberapa waktu lalu.

"Ya betul, ada nakes yang positif. Ini nakes kita yg sebelumnya telah divaksinasi," kata Jubir Satgas COVID-19 Kabupaten Pandeglang Achmad Sulaeman kepada wartawan di Pandeglang, Banten, Selasa (9/2/2021).

Menurut informasi yang ia peroleh, bidan itu kini sudah diisolasi ke rumah sakit setelah menunjukan gejala COVID-19. Sebelumnya, bidan ini telah menjalani isolasi mandiri di rumahnya dalam beberapa hari.

"Iya, ternyata nakes ini timbul gejala dan harus dirujuk ke rumah sakit. Karena pada dasarnya, dia memang masih berisiko terpapar meskipun sudah divaksin," ujarnya.

Pihaknya pun memastikan sudah melakukan tracing terhadap keluarga sang bidan dan beberapa orang yang pernah kontak erat dengan nakes tersebut. Satgas tak ingin penyebaran Corona nantinya makin meluas.

"Trachingnya sudah kami lakukan, termasuk ke puskesmas dan lingkungan di perumahannya," tuturnya.

"Intinya, vaksin ini bukan jaminan kita lepas dan bisa bebas dari Corona, karena bisa saja tertular lagi. Vaksin ini hanya pelengkap, yang terpenting itu penerapan prokes yang ketat harus dilakukan," tambahnya.

Diketahui, Kabupaten Pandeglang secara serentak telah menyuntik vaksin COVID-19 kepada ribuan nakes pada minggu lalu. Hari ini, vaksinasi kedua itu pun mulai dilakukan terhadap nakes di 51 fasilitas layanan kesehatan di wilayah tersebut.

Lihat Video: Bidan Desa Positif Corona, 2 Puskesmas di Ciamis Lockdown

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)