Dear Calon Mahasiswa, Ini 6 Tips Bantu Kamu Pilih Jurusan Kuliah

Siti Fatimah - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 08:48 WIB
pretty college student study in the library with friends
Foto: Ilustrasi (iStock).
Bandung -

Pendaftaran SNMPTN sudah di depan mata dan beberapa perguruan tinggi swasta pun sudah mulai membuka penerimaan mahasiswa baru. Berdasarkan informasi LTMPT, pendaftaran SNMPTN dibuka mulai 15-24 Februari 2021 dan diumumkan pada 22 Maret 2021.

Sebelum mendaftar, penting untuk menentukan jurusan atau program studi di suatu universitas agar tidak salah jurusan. Mungkin, sebagian generasi Z sudah menentukan jurusan yang diinginkan. Tapi sudahkah sesuai dengan minat dan bakat?

Dirangkum detikcom, berikut beberapa tips yang bisa membantumu dalam menentukan jurusan kuliah.

1. Coba untuk Riset Beberapa jurusan

Untuk membuat riset, coba dimulai dengan membuat daftar beberapa jurusan yang diminat. Bandingkan satu jurusan dengan dua sampai tiga jurusan lain. Kemudian lakukan riset dari segi lokasi, mata kuliah, potensi lulusan, biaya pendidikan hingga profil jurusan.

Tips ini bisa membuatmu lebih yakin dengan pilihan jurusan kuliah.

2. Pertimbangkan Biaya Kuliah

Masih berhubungan dengan poin pertama, di tips kedua ini sesuaikan jurusan kuliah dengan kemampuan biaya kuliah. Biasanya, universitas akan memberikan informasi mengenai biaya pendidikan di dalam website resminya.

Sebaiknya lakukan diskusi bersama orangtua terlebih dahulu sebelum memilih jurusan sambil mempertimbangkan biayanya. Tapi ada jalan lain selain menyiapkan dana kuliah loh, yaitu dengan mencari informasi beasiswa.

3. Kenali Potensi yang Dimiliki

Tips yang tidak kalah penting yaitu mengenali potensi dalam diri. Misalnya, katakan seseorang punya potensi dalam desain visual tapi karena tidak mengenali potensi tersebut akhirnya ia memilih jurusan Sastra Arab. Bukan salah, tapi kira-kira relevan tidak?

Salah satu contoh yang relevan yaitu, jika calon mahasiswa memiliki potensi di bidang Sains dan Matematika tentu jurusan Statistika atau Pendidikan Dokter akan jadi jurusan yang didahulukan, karena memiliki keterkaitan satu sama lain.

Biasanya saat mendaftar akan dimudahkan melalui dua jurusan di SMA atau sederajat yaitu IPA dan IPS, tetapi alangkah lebih baiknya lagi jika memilih jurusan sesuai dengan kemampuan yang ada dalam diri. Sehingga aktivitas kuliah bisa dilakukan dengan senang hati dan tidak memberatkan.

4. Hindari Mengikuti Jurusan Teman

Ini salah satu tips yang kadang dianggap sepele beberapa orang. Hindari untuk memilih jurusan karena mengikuti teman sepermainan. Meski berbeda jurusan dengan teman, tapi jangan khawatir. Seiring berjalan waktu, teman akan semakin bertambah banyak.

5. Lihat Peluang Kerja

Tidak salah untuk melihat peluang pekerjaan sebelum menentukan jurusan kuliah. Semua jurusan memiliki peluang pekerjaan masing-masing. Misalnya seperti jurusan Keperawatan maka peluang kerjanya di rumah sakit atau klinik. Cara untuk mengetahui peluang pekerjaan dari suatu jurusan bisa dengan melihat almuni dari jurusan yang rencananya akan dipilih.

6. Berkonsultasi dengan Ahli

Tips terakhir ini bisa dilakukan saat masih kurang yakin dengan pilihan jurusan. Meski internet sudah banyak membantu untuk menemukan informasi jurusan tapi cara satu ini juga bisa coba dilakukan. Generasi Z bisa datang ke lembaga psikologi atau bimbingan karier untuk mengetahui jurusan apa yang cocok dengan karakter dan potensi diri.

(mso/mso)