2 Rumah Tertimpa Longsor di Bandung Barat, 4 Orang Terluka

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 13:33 WIB
Longsor Timpa 2 Rumah di Bandung Barat
Dua rumah tertimpa longsor di Bandung Barat. (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Hujan deras menyebabkan Tembok Penahan Tanah (TPT) longsor di Kompleks Taman Bunga Cilame, RT 11 RW 23, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Dua rumah tertimpa dan empat orang terluka akibat kejadian tersebut.

Longsornya TPT sepanjang 15 meter dan tinggi 5 meter itu berlangsung Minggu (7/2), pukul 23.00 WIB itu kemudian menimpa dua rumah warga yang tepat berada di bawahnya.

Dua rumah yang mengalami kerusakan cukup berat itu milik Andriyana (45) yang dihuni tujuh jiwa. Serta tempat tinggal milik Agus Supriyadi (47) yang dihuni lima jiwa.

Empat orang anggota keluarga Andriyana yang terdampak mengalami luka-luka sehingga harus mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan (RSCK) Kota Baru Parahyangan, Padalarang. "Kejadiannya itu sekitar pukul 23.00 WIB kemarin. Penyebabnya memang karena hujan deras yang membuat tanahnya jadi longsor, akhirnya TPT ambruk," kata Ketua RT 11 Imam Sudarmaji kepada detikcom, Senin (8/2/2021).

Longsor tersebut terjadi saat pemilik rumah dan keluarganya beristirahat. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh yang menandai robohnya TPT hingga menimpa rumah mereka.

"Keluarga Pak Agus tidak ada yang luka. Sementara keluarga Pak Andriyana itu empat orang, istrinya sama cucunyanya termasuk yang luka," kata Imam.

Agus Supriadi (47), pemilik rumah yang tertimpa longsor menuturkan, berdasarkan pengakuan dari anaknya sebelum longsor terjadi ada suara gemuruh yang terdengar. Lalu tiba-tiba bagian ruangan warung dan warnet miliknya sudah hancur tertimpa reruntuhan.

"Saat kejadian itu saya lagi kerja. Kata anak saya, ada suara gemuruh terus pas lihat warung sudah jebol. Kejadiannya memang sedang hujan," tutur Agus.

Saat kejadian, istri, anak, menantu serta cucunya sudah berada di kamarnya masing-masing untuk beristirahat. "Alhamdulillah selamat semua. Sekarang mengungsi dulu ke rumah saudara. Cuma warung sama warnet aja yang hancur," kata Agus.

Petugas BPBD dibantu warga berjibaku melakukan evakuasi material longsor seperti batu serta pepohonan yang menimpa rumah termasuk menghantam mobil yang mengalami kerusakan parah.

(bbn/bbn)