Banjir Bogor, Ratusan Rumah di Vila Nusa Indah Tergenang

M. Sholihin - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 13:16 WIB
Banjir di Vila Nusa Indah Bogor
Banjir di Kabupaten Bogor. (Foto: DOK.Tagana Kabupaten Bogor)
Kabupaten Bogor -

Banjir setinggi 90 sentimeter menggenangi ratusan rumah di perumahan Vila Nusa Indah, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor. Banjir terjadi akibat luapan sungai Cileungsi yang melintasi sekitar perumahan Vila Nusa Indah dan mengalir hingga Bekasi.

"Banjir masih terjadi di Vila Nusa Indah 1 dan 2. Wilayah yang terendam di Vila Nusa Indah 1 itu ada RW, 13, 14, 15, 16 dan 17 dengan ketinggian 10-90 sentimeter. Lebih dari seratus rumah," kata Ketua Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Bogor, Taufik kepada detikcom, Senin (8/2/2021).

Luapan Sungai Cileungsi mulai membanjiri Perumahan Vila Nusa Indah sejak sekitar pukul 09:00 WIB. Hingga saat ini, ketinggian air yang menggenangi rumah warga mencapai 90 sentimeter.

"Kalau air meluap tadi kisaran pukul 09.00 WIB hingga top level jam 11.00 WIB, bertahan sampai saat ini. Tapi ini tergantung cuaca di hulu Sungai Cileungsi, kalau di hulu hujan dipastikan air kembali meluap dan banjir meningkat di sini," kata Petugas Tagana Kabupaten Bogor Mardi yang bersiaga di Perumahan Vila Nusa Indah.

"Hulu Sungai Cileungsi kita di Cibungas, Cijayanti masuk Babakanmadang," dia menambahkan.

Saat ini, kata Mardi, tim gabungan sudah berada di lokasi untuk asesmen dan membantu warga yang hendak mengungsi. "Proses evakuasi masih berlangsung, sejak awal kita juga sudah informasikan kepada warga, karena Sungai Cileungsi meluap untuk mengungsi ke tempat lebih aman. Sementara ini kita masih lakukan asesmen," kata Mardi.

Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Bogor mengakibatkan terjadinya bencana di beberapa titik. Selain banjir di Vila Nusa Indah, Gunungputri, Bogor, bencana longsor juga terjadi di kawasan Tanjungsari Kabupaten Bogor. Di titik ini, longsor mengakibatkan jalan alternatif Bogor-Cianjur tak bisa dilalui kendaraan.

Simak video 'Kali Ciliwung Meluap, Jalan Jatinegara Barat Terendam':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)