Napi Tipikor LP Sukamiskin yang Positif Corona, Dada Rosada hingga Wahid Husein

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 11:36 WIB
Tes Swab di Lapas Sukamiskin
Swab test di Lapas Sukamiskin (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

Sebanyak 51 narapidana di Lapas Sukamiskin terpapar COVID-19. Ke-51 napi tersebut merupakan napi tindak pidana korupsi (Tipikor). Siapa saja?

"Total ada 51 untuk warga binaan dan tiga untuk petugas. Untuk (warga binaan) Tipikor itu semua," ujar Kalapas Sukamiskin Asep Sutandar di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Senin (8/2/2021).

Sementara itu berdasarkan informasi yang diperoleh detikcom, nama-nama napi Tipikor yang terpapar COVID-19 itu antara lain mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada, eks Sekretaris Daerah Kota Bandung Edi Siswadi, eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, eks hakim PN Bandung Setyabudi Tedjocahyono.

Lalu mantan anggota DPR Budi Supriyanto, mantan Wali Kota Temanggung Totok Ary Prabowo, eks Direktur Keuangan PT Askrindo Rene Setyawan, Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara Kamaluddin Harahap, eks Anggota DPRD Sumatera Utara Solar Siburian.

Kemudian mantan Ketua DPD Partai NasDem Brebes Amir Mirza Hutagalung dan Mantan anggota DPRD Sumatera Guntur Manurung. Eks Dirjen P2KT Kemenakertrans Jamaluddin Malik dan eks hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bengkulu Janner Purba.

Terkait nama-nama tersebut, Asep membenarkan mereka yang tercatat positif COVID-19 hasil swab yang dilakukan pihak Lapas Sukamiskin pada hari Kamis (4/2) lalu.

"Positif betul iya, jadi memang ini kan tidak pilah-pilah, dari mana dan seperti apa, tapi sebagaimana yang teman-teman ketahui, itu lah ada yang di daftar itu," tuturnya.

Sementara itu terkait Setya Novanto, Asep menyebut kondisi eks Ketua DPR RI itu sehat dan tidak termasuk dalam daftar positif COVID-19.

"(Setnov) tidak ada dalam daftar yang positif," kata dia.

Puluhan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin dinyatakan positif COVID-19. Mereka diketahui positif usai dilakukan tes swab beberapa waktu lalu.

Tes swab sendiri dilakukan pada Kamis (4/2) lalu. Saat itu, ada ratusan napi Tipikor, umum dan juga pegawai yang menjalani tes swab di Lapas khusus Korupsi itu.

(dir/mud)