Unisba Buka Kuota 2.800 Mahasiswa Baru, Ada Jalur Hafidz Quran

Siti Fatimah - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 17:01 WIB
Unisba membuka kuota 2.800 mahasiswa baru
Ilustrasi (Foto: Tangkapan layar Instagram)
Bandung -

Universitas Islam Bandung (Unisba) membuka kesempatan bagi 2.800 orang lulusan SMA sederajat untuk berkuliah di kampus swasta terakreditasi A tersebut. Pada tahun 2021 ini, perguruan tinggi swasta (PTS) tersebut akan menerima baru melalui empat jalur.

Kabag Komunikasi Informasi & Promosi (Kominpro) Unisba Dr Tresna Wiwitan mengatakan, keempat jalur tersebut yaitu jalur USM (Ujian Saringan Masuk), PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan), Jalur Prestasi dan Jalur Hafidz Al-Qur'an.

"Setiap tahun sama sekitar 2750-2800 untuk sarjana, karena student body kan disesuaikan dengan ruang kelas dan jumlah dosen yang ada di Unisba," ujar Wiwit saat dihubungi detikcom, Minggu (7/2/2021).

Dia menjelaskan, ada 19 Program Studi yang ditawarkan bagi calon mahasiswa sarjana. Mengenai indikator penilaian di masing-masing jalur berbeda.

Misalnya untuk jalur USM, nilai test akademik diharuskan sesuai dengan strandar akademik yang ditentukan fakultas/prodi. "Termasuk prodi yang mensyaratkan ada psikotest, nilai psikotestnya harus sesuai dengan standar yang ditentukan prodi/fakultas," ujarnya.

Persyaratan umumnya yaitu membayar biaya pendaftaran sekitar Rp 300 ribu untuk dua pilihan prodi, untuk Fakultas Kedokteran ditambah Rp 100 ribu biaya open house. Lalu melakukan pendaftaran online serta melakukan ujian tulis secara online.

Sementara untuk jalur PMDK, pihaknya menentukan persyaratan dan penilaian ke masing-masing Program Studi atau Fakultas. Sehingga mahasiswa perlu mengetahui informasi tersebut sebelum melakukan pendaftaran.

Kemudian untuk persyaratan umum diantaranya mengirim email pendaftaran PMDK, mengisi formulir secara online dan hanya diperbolehkan memilih satu pilihan.

Beralih ke jalur prestasi, Wiwit mengatakan, ada jalur prestasi olahraga, kesenian dan lomba akademik tingkat nasional dan internasional. "Seleksi dilakukan di tingkat kemahasiswaan Unisba," tuturnya.

Terakhir untuk jalur hafidz Al-Qur'an dimulai dari 30 juz, 10 sampai 15 juz, 16 sampai 20 juz, 21-25 juta, dan 25 sampai 29 juz. Indikator penilaian akan ada test mengaji yang dilakukan oleh panitia dan harus ada sertifikat pembuktian bahwa calon mahasiswa tersebut hafidz.

Khusus untuk menghafal 30 juz, Unisba memberikan beasiswa bebas biaya kuliah. "Iya beasiswa hafidz 30 juz bebas uang kuliah untuk Fakultas Syariah, Komunikasi Dakwah, Tarbiyah, MIPA, Hukum, Teknik, Psikologi, Ekonomi & bisnis, dan Ilmu Komunikasi. Untuk Fak kedokteran, diberi living cost setiap bulan," pungkasnya.

(mud/mud)