Tak Ada Izin, Panitia Turnamen Voli Tarkam di Pandeglang Dipanggil Polisi

Rifat Alhamidi - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 15:21 WIB
Turnamen voli di wilayah Kecamatan Cimanggu, Pandeglang, Banten memicu kerumunan massa. Ini foto-fotonya!
Foto: Rifat Alhamidi
Pandeglang -

Turnamen voli antarkampung (tarkam) di Kecamatan Cimanggu, Pandeglang, Banten memicu kerumunan massa lantaran banyaknya warga yang berdesakan. Polisi pun memastikan sudah memanggil panitia penyelenggara. Diketahui kegiatan itu tidak berizin.

"Ya, sudah kami panggil panitianya. Kami perintah supaya turnamen tersebut tidak dilanjutkan kembali," kata Kapolres Pandeglang AKBP Hamam Wahyudi dikonfirmasi detikcom, Sabtu (6/2/2021).

Ia menyebut, panitia sudah dipanggil oleh Polsek Cimanggu pada Jumat (5/2/2021) malam. Hasilnya, dibuat kesepakatan bersama dengan panitia gelaran tarkam voli itu dihentikan.

"Sudah disepakati dengan polsek dan koramil di sana. Kami sampaikan, kalau perintah ini tidak diindahkan maka kami atas nama Satgas COVID-19 akan membubarkan turnamen tersebut," ujarnya.

Hamam meminta masyarakat bisa terus mematuhi protokol kesehatan. Mengingat, sebaran COVID-19 di Pandeglang saat ini masih tergolong belum melandai.

"Kami ingatkan masyarakat kembali supaya bisa menahan diri, jangan membuat kerumunan. Kami terus upayakan turun ke lapangan mengimbau masyarakat agar penyebaran COVID di Pandeglang ini tidak makin bertambah," ujarnya.

Sementara itu Kapolsek Cimanggu AKP Humaedi memastikan kegiatan itu tidak ada izin dari kepolisian. "Tidak ada laporan yang disampaikan ke kita sama panitia baik secara lisan atau tertulis terkait masalah voli di sana," katanya.

Meskipun demikian, Humaedi tak membantah kepolisian telah kecolongan atas kerumunan massa di turnamen tarkam voli ini. Sebab, ia mengaku tak pernah mendapat laporan dari pihak desa hingga panitia penyelenggara turnamen.


"Kirain tadinya hanya voli sparingan biasa saja tanpa melibatkan kerumunan, kan saya juga sering pulang lewat tempat itu. Nah pas kemarin itu malah ramai, padahal kemarin itu sudah saya panggil sebetulnya, sudah saya ingetin, tapi ternyata ada lagi," bebernya.

Sebelumnya, sebuah turnamen voli di wilayah Kecamatan Cimanggu, Pandeglang, Banten memicu kerumunan massa. Penonton yang datang memenuhi lapangan pun mengabaikan protokol kesehatan di saat lonjakan kasus COVID-19 di Pandeglang masih tinggi.

Pantauan detikcom di lokasi Jumat (5/2/2021) sekira pukul 16.30 WIB, seratusan orang dari berbagai wilayah di ujung Selatan Pandeglang ini memadati lapangan pertandingan. Selain tua-muda, mereka juga turut serta membawa anak-anaknya demi bisa menonton turnamen voli antar kampung (tarkam) tersebut.

Tonton juga Video: Ini Laga Futsal yang Bikin 2 Pejabat Polrestabes Medan Dicopot!

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)