Miris! Ayah dan Anak Tinggal di Pos Jaga Kawasan Pemakaman Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 17:41 WIB
Ayah dan anak di Cianjur ini tinggal di pos jaga pemakaman
Ayah dan anak di Cianjur ini tinggal di pos jaga pemakaman (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Kondisi Rosidi (61) dan anaknya begitu memprihatinkan. Warga miskin di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini terpaksa tidur di bekas pos jaga kawasan pemakaman umum di Kampung Kingkung Desa Pakuon Kecamatan Sukaresmi Cianjur.

Bekas pos jaga pemakaman yang berukuran 4x4 meter itu disulap menjadi gubuk tinggal.

Bilik bambu pun mengitari seputaran bangunan menjadi dinding yang sedikitnya bisa menghalangi dinginnya angin malam yang begitu menusuk.

Papan kayu bekas yang dilapisi karpet pun menjadi tempat untuk Rosidi dan anaknya tidur.

Tidak ada toilet ataupun dapur. Untuk buang kotoran ataupun mandi, dia harus pergi ke WC umum. Sedangkan untuk memasak, pojokan gubuk menjadi tempatnya membuat tungku sederhana dengan bahan bakar kayu bakar.

Rosidi mengaku sudah sekitar satu bulan tinggal di gubuk tersebut. Sebelumnya, dia sering berpindah-pindah, mulai dari pangkalan ojek hingga pelataran masjid.

"Pernah di Pondok Pesantren juga. Tapi kemudian saya pergi lagi dan disediakan tempat di gubuk ini, sekalian menjaga dan membersihkan makam," ungkap Rosidi, Jumat (5/1/2021).

Ia mengungkapkan, beberapa tahun sebelum kondisinya seperti saat ini yang tinggal di gubuk di kawasan makam, dirinya tinggal di rumah sederhana bersama istri dan anaknya di Kampung Leuweung Datar, Desa Pakuwon.

Tetapi setelah istrinya meninggal, kehidupannya menjadi kacau. Semangatnya untuk membangun kehidupan berangsur luntur. Bahkan rumah panggung yang sederhana yang ternyata harta keluarganya dijual dan dibagikan pada setiap anggota keluarga yang memiliki bagian.

Keadaannya makin terpuruk setelah ia mengalami kecelakaan yang membuat dirinya tak lagi bisa berjalan normal.

Tonton juga: Ibu-Anak di Cianjur Meninggal Usai Makan Oncom Olahan

[Gambas:Video 20detik]