Ibu di Pandeglang Terobos Banjir Usai Melahirkan, Ini Kata Puskesmas

Rifat Alhamidi - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 11:32 WIB
Banjir di Pandeglang.
Ibu di Pandeglang terobos banjir usai melahirkan (Foto: Istimewa)
Pandeglang -

Pihak Puskesmas Patia turut menanggapi kejadian seorang ibu yang harus menerobos banjir di Pandeglang, Banten meski baru saja menjalani proses persalinan. Mereka pun membenarkan ibu tersebut telah menjalani perawatan di Puskesmas pada Selasa (2/2/2021) malam.

"Betul, dari laporan piket di sini ibu itu memang merupakan pasien yang melahirkan di Puskesmas Patia," kata Kepala Puskesmas Patia Sri Rejeki kepada detikcom saat dihubungi di Pandeglang, Banten, Jumat (5/2/2021).

Sri menyatakan pihak puskesmas sempat mencegah keluarga sang ibu bernama Siti Nurlaela Sari (21) itu untuk pulang. Meskipun kondisi wanita itu sudah dinyatakan sehat setelah melalui proses observasi selama 12 jam, namun sejumlah titik jalan di wilayah Patia saat itu tak bisa dilalui kendaraan karena sudah diterjang genangan banjir.

"Kita sudah menganjurkan untuk di sini dulu sampai surut, tapi pihak keluarga pengen pulang aja. Pihak keluarganya bilang, enggak apa-apa bu (banjir), di sini (udah) kesel, gitu alasannya. Jadi, kita pulangkan tapi tetap dengan pemantauan kita," bebernya.

Sri juga menyebut, keluarga Nurlaela datang ke puskesmas pada pukul 20.00 WIB. Tiga jam berselang tepatnya pukul 23.00 WIB, Nurlaela bisa melewati masa persalinannya berbarengan dengan hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kecamatan Patia, Pandeglang.

"Masuk sini udah pembukaan ketujuh, jam 11 malam si ibu itu melahirkan. Besoknya mereka maksa pengen pulang takut banjirnya tambah besar katanya, makanya waktu itu kita izinkan pulang karena kondisi si ibu sama bayinya juga sudah sehat," tandasnya.

Sebelumnya, banjir kembali melanda wilayah Kecamatan Patia, Pandeglang pada Rabu (3/2/2021) dan mengakibatkan seorang ibu harus diangkut menggunakan perahu yang baru saja menjalani proses persalinan. Peristiwa ini pun sempat diabadikan melalui video kamera milik warga setempat.

Dalam video itu, diperlihatkan seorang perempuan terduduk lemas di atas perahu berwarna kuning lengkap dengan tulisan polisi. Perempuan tersebut diketahui baru saja menjalani proses persalinan di puskesmas setempat.

Simak video 'Apa Pemicu Cuaca Ekstrim hingga Februari?':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)