Polres Sumedang Segera Terapkan Tilang Elektronik di Sejumlah Titik

Muhamad Rizal - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 21:02 WIB
Tilang elektronik mulai diberlakukan di Depok sejak Senin (21/9) lalu. Diketahui penerapan tilang elektronik ini masih dalam tahap uji coba.
Tilang elektronik (Foto: Dedy Istanto/Detikcom)
Sumedang -

Polres Sumedang segera menerapkan sistem tilang Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) atau tilang elektronik di setiap lampu merah.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan penerapan e-TLE tersebut merupakan salah satu program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Menurutnya untuk menerapkan tilang elektronik tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab Sumedang yang saat ini telah memiliki fasilitas command centre di sejumlah titik.

"Pemkab Sumedang telah memiliki command centre namun belum difungsikan, sehingga dikoordinasikan dulu dengan Pemkab Sumedang," kata AKBP Eko Prasetyo Robbyanto di Alun-alun Sumedang, Kamis (4/2/2021).

Untuk mendukung penerapan tilang elektronik itu, maka akan dipasang kamera pemantau (CCTV) di setiap lampu merah yang terkoneksi dengan command centre milik Pemkab Sumedang.

Sehingga, kata Eko, Satlantas Polres Sumedang harus memiliki server yang sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumedang.

"Penerapan tilang elektronik di Sumedang, rencananya bakal disesuaikan dengan titik kamera pemantau (CCTV) yang sudah dipasang oleh Pemkab Sumedang. Para pelanggar lalu lintas, akan terpantau dan terekam secara langsung melalui CCTV tersebut," ucapnya.

(mud/mud)