ADVERTISEMENT

9 Kali Beraksi, Polisi Ringkus Begal Bercelurit di Kota Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 15:40 WIB
Polisi perlihatkan barang bukti pelaku begal di Cirebon.
Foto: Polisi perlihatkan barang bukti pelaku begal di Cirebon (Sudriman Wawad/detikcom).
Cirebon -

Polisi berhasil meringkus begal bercelurit yang beraksi di wilayah Kota Cirebon. Pelaku mengaku sudah sembilan kali beraksi di wilayah Kota Cirebon.

"Tersangka ini melakukan pencurian dengan kekerasan (begal), inisialnya PY. Barang buktinya sebilah celurit yang digunakan tersangka," kata Kapolres Cirebon Kota AKBP Imron Ermawan kepada awak media di Mapolres Cirebon Kota, Kamis (4/2/2021).

Imron menerangkan penangkapan PY itu berdasarkan laporan masyarakat tentang kejadian pembegalan di Jalan Ahmad Yani Kota Cirebon pada Januari lalu. PY bersama rekannya membegal gawai salah seorang korbannya.

"Tersangka dan rekannya ini secara acak memilih korbannya. Kemudian mengalungkan celurit ke korbannya dan meminta sejumlah barang berharga. Waktu itu korban menyerahkan handphone ke pelaku," kata Imron.

Lebih lanjut, Imron mengatakan korban tak berdaya saat diancam pelaku menggunakan celurit. Imron saat ini masih mengejar salah seorang pelaku lainnya.

"Sementara ini pelaku mengaku sudah sembilan kali melakukan aksinya. Tersangka kita jerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman kurungan penjara paling lama tujuh tahun," kata Imron.

Sementara itu, PY mengaku nekat membegal karena himpitan ekonomi. Uang hasil kejahatannya digunakan untuk menafkahi keluarganya. "Buat nafkahi istri. Gak, gak sampai setahun. Sekitar setengah tahunan (jadi begal)," kata PY.

(mso/mso)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT