Polisi Uji Sampel Olahan Oncom yang Sebabkan Ibu-Anak di Cianjur Meninggal

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 12:23 WIB
Keracunan Oncom di Cianjur
Foto: Keracunan olahan oncom di Cianjur (Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur -

Polisi mengambil sampel olahan oncon yang diduga menjadi penyebab tewasnya ibu dan anak di Cianjur. Sampel olahan oncon tersebut akan diuji di laboratorium untuk memeriksa kandungan di dalamnya.

"Kita sudah amankan barang bukti berupa sampel makanan olahan oncom. Nantinya akan kami serahkan ke Dinkes untuk diuji di laboratorium," ujar Kasat Reskrim Polres Cianjur AKP Anton, Kamis (4/2/2021).

Anton mengatakan dugaan sementara olahan oncom menjadi penyebab keracunan hingga mengakibatkan ibu dan anak meninggal.

"Dugaan sementara keracunan akibat olahan oncom. Tapi kami belum bisa pastikan apakah unsur kelalaian dalam pengolahan atau memang oncomnya tersebut mengandung bahan berbahaya," kata dia.

Kepala Seksi Survailans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Asep Helmi mengatakan sample tersebut akan diuji di Labkesda Jawa Barat.

Menurutnya proses pengujian membutuhkan waktu sekitar satu minggu hingga hasilnya keluar. Dari hasil uji laboratorium tersebut bisa diketahui kandungan yang ada di dalam oncom tersebut.

"Hari ini akan kami langsung kirim ke Labkesda jabar untuk diuji, memastikan zat berbahaya apa yang ada di dalam makanan tersebut," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, satu keluarga di Kelurahan Sayang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diduga mengalami keracunan makanan olahan oncom. Akibatnya ibu dan seorang anaknya meninggal dunia.

Informasi yang dihimpun, awalnya keluarga tersebut diberi oncom oleh tetangganya. Oncom tersebut kemudian disimpan selama dua hari sebelum akhirnya diolah dan dikonsumsi.

(mso/mso)