Setnov dan Ratusan Napi Tipikor Tes Swab di Lapas Sukamiskin

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 11:52 WIB
Tes Swab di Lapas Sukamiskin
Tes swab di Lapas Sukamiskin. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Sejumlah narapidana tindak pidana korupsi (Tipikor) menjalani tes swab massal di Lapas Sukamiskin. Swab dilakukan menyusul adanya napi yang positif COVID-19.

Deretan koruptor itu mengikuti swab di halaman depan Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, pada Kamis (4/2/2021). Beberapa napi salah satunya Setya Novanto (Setnov) mengikuti tes swab itu.

Eks Ketua DPR itu tampak tampil mencolok saat ikut tes swab. Mengenakan kemeja berwarna abu-abu, Setnov terlihat duduk-duduk sambil berbincang dengan napi lain usai menjalani swab. Dia juga tampak mengenakan sepatu kulit dan menenteng tas kecil bermerek.

Selain Setnov, terlihat juga beberapa napi Tipikor lainnya yaitu Dada Rosada (eks wali kota Bandung), Jefferson Rumanjar (eks wali kota Tomohon). Kabag Tata Usaha Lapas Sukamiskin Nunus Ananto menuturkan total ada 457 orang yang menjalani swab massal di Lapas Sukamiskin. Ratusan orang tersebut terdiri dari 358 napi dan 111 pegawai.

"Hampir 100 persen kita sasar semua (untuk tes swab)," ujar Nunus.

Nunus menuturkan tes swab ini dilakukan menyusul adanya temuan enam napi yang positif COVID-19 usai dilakukan tes acak beberapa waktu lalu. Sehingga, pihaknya berkoordinasi dengan Labkesda Jabar untuk melaksanakan swab.

"Kita karena tanggap dan antisipasi situasi Covid ini karena kita sebelumnya sudah melaksanakan dan kemarin itu acak terdapat enam positif. Di mana satu diisolasi di rumah sakit, lima (isolasi) mandiri. Itu dipisahkan warna (warga binaan) lain," tuturnya.

Menurut dia, seluruh napi Tipikor proaktif mengikuti tes swab tersebut. Sebab, ada beberapa napi yang sudah dinyatakan terpapar COVID-19. "Dengan kondisi ada yang positif mereka proaktif melaksanakan swab dan kita sudah lihat sendiri pelaksanaan berjalan lancar," kata Nunus.

(dir/bbn)