Dibawa Kemana Hasil Panen Padi Setya Novanto di Sukamiskin?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 15:56 WIB
Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto yang menjadi narapidana kasus korupsi dan mendekam di Lapas Sukamiskin Bandung punya kesibukan baru.
Foto: Eks Walkot Bandung Dada Rosada dan eks Ketua DPR Setya Novanto panen di Lapas Sukamiskin (dok. Lapas Sukamiskin).
Bandung - Narapaidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto telah 'panen' padi kala menjadi petani di Lapas Sukamiskin. Dikemanakan hasil panen Setnov?

"Sementara kita coba dulu, yang padi kemarin seperti apa sih hasilnya. Kan baru dijemur," ucap Kalapas Sukamiskin Asep Sutandar di Kantor Kemenkum HAM Jabar, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (3/2/2021).

Asep menuturkan saat panen kemarin, Setnov dan napi Tipikor lainnya menghasilkan 2 karung padi. Hasil tersebut saat ini tengah proses penjemuran untuk mengetahui hasilnya setelah nanti diolah.

Selain padi, Asep mengatakan Setya Novanto dan napi lainnya juga membuka lahan pertanian sayuran. Saat panen kemarin pun, ada sejumlah sayuran hidroponik yang dihasilkan. Menurut Asep, untuk hasil sayuran kemungkinan akan di jual ke luar Lapas.

"Kalau untuk dijual ke luar bagian sayur mayur kalau padi tidak banyak untuk dimanfaatkan di dalam," katanya.

Selain produk pertanian, Asep juga mengaku nantinya akan menambah lagi budidaya lainnya yang akan digarap oleh napi Tipikor. Salah satunya budidaya madu.

Sebelumnya, Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto kini punya kesibukan baru. Setnov sapaannya, kini sedang sibuk menjadi petani di Lapas Sukamiskin.

Setya Novanto yang menjadi 'petni' berkemeja putih dan bertopi caping ini terlihat pertama kali melalui foto yang dikirimkan Asep. Dalam foto itu terlihat ada eks Wali Kota Bandung Dada Rosada yang ikut berada di sawah. (dir/mso)