Catat! Ini Jalur Seleksi dan Kuota Mahasiswa Baru UPI 2021

Siti Fatimah - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 14:43 WIB
Taman Isola UPI
UPI Bandung (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung -

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan menerima 10.497 mahasiswa baru untuk tahun akademik 2021/2022 dengan jumlah 99 program studi (Prodi). Berdasarkan ketentuan LTMPT, kuota dari SNMPTN sebanyak 40 persen, SBMPTN 30 persen dan Mandiri 30 persen.

"Jumlah kuota lebih banyak dari tahun lalu, karena ada penambahan prodi," kata Direktur Akademik UPI Asep Supriatna kepada detikcom, Rabu (3/2/2021).

Adapun prodi baru yang dimaksud Asep di antaranya S1 Industri Pariwisata (Kampus UPI di Sumedang) jenis SOSHUM, S1 Gizi (FPOK) jenis SAINTEK, S1 Mekatronika dan Kecerdasan Buatan (Kampus UPI di Purwakarta) jenis SAINTEK dan S1 Desain Produk Industri (Kampus UPI di Serang) berjenis SOSHUM.

Dia mengatakan tahun ini UPI membuka lima jalur penerimaan mahasiswa baru. Jalur seleksi nasional SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri Reguler, Seleksi Mandiri Prestasi Istimewa dan terakhir jalur Penjaringan Prestasi Akademik D3.

UPI juga menerima mahasiswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). "KIP-K sesuai yang daftar dan lulus seleksi, biasanya sekitar 1.600 mahasiswa yang lulus seleksi dan kita verifikasi kebenaran dan kelayakannya untuk dapat KIP-K," ujar Asep.

Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru (RMB) UPI Ahmad Mudzakir menjelaskan pada tahap seleksi nasional SNMPTN atau yang biasa disebut jalur undangan, calon mahasiswa akan memasukkan nilai rapor sekolah di SMA/MA.

Sedangkan di seleksi SBMPTN, kelulusan calon mahasiswa ditentukan dari hasil nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Sedangkan, di seleksi mandiri, menggabungkan tiga poin dari hasil tes UTBK saat mengikut SBMPTN dan dua tes lainnya.

"Selanjutnya, untuk indikator penilaian Seleksi Mandiri UPI 2021 juga menggunakan nilai tes UTBK, tes psikologi bidang minat, dan tes terpadu. Total poin dari tes itu menjadi penilaian dalam Seleksi Mandiri UPI," kata Ahmad.

Selanjutnya
Halaman
1 2