Polisi Telusuri Pembuang 17 Karung Sampah Medis di Bogor

M. Sholihin - detikNews
Selasa, 02 Feb 2021 22:48 WIB
Petugas memeriksa belasan karung sampah medis yang dibuang di lahan kosong, Kabupaten Bogor.
Petugas memeriksa belasan karung sampah medis yang dibuang di lahan kosong, Kabupaten Bogor. (Foto: istimewa)
Kabupaten Bogor -

Polisi mencari pembuang 17 karung sampah medis di lahan kosong yang berlokasi di Desa Tenjo, Kabupaten Bogor. Sampah medis itu berupa masker dan Alat Pelindung Diri (APD) bekas pakai.

"Tadi sudah dilakukan olah TKP (tempat kejadian perkara) di lokasi temuan. Jadi yang ditemukan adalah berupa APD, masker dan obat. Dari hasil olah TKP itu kita lakukan proses penyelidikan, proses penelusuran, barang itu siapa yang buang dan dari mana asalnya," kata Kapolsek Parungpanjang Kompol Wagiman dikonfirmasi detikcom, Selasa (2/2/2021).

"Ini akan tetap kita lakukan penyelidikan, semoga terungkap. Sebab kalau nggak, nanti (pelaku) membuang sampah medisnya sembarangan di wilayah kita," ujar Wagiman menambahkan.

Polisi akan segera memanggil saksi yang pertama kali melihat tumpukan sampah medis tersebut. "Pemeriksaan saksi kita akan lakukan, direncanakan itu secepatnya. Mohon doanya kita bisa mengungkap perkara ini," kata Wagiman.

17 karung sampah medis itu ditemukan tergeletak di lahan kosong Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor, Selasa (2/2/2021). Petugas langsung memusnahkan dan membakar sampah medis tersebut.

"Isinya Macam-macam, ada APD, bekas obat, masker. Kalau soal apakah sampah medis itu bekas digunakan untuk penanganan Covid atau bukan, saya nggak tahu. Saya nggak berani simpulkan," kata Camat Tenjo Kurnia Indra.

(bbn/bbn)