Petugas Bakar 17 Karung Sampah Medis yang Ditemukan di Lahan Kosong

M. Sholihin - detikNews
Selasa, 02 Feb 2021 18:46 WIB
Sampah Medis di Bogor
Belasan karung berisi sampah medis ini dimusnahkan dengan cara dibakar. Sampah medis itu diduga sengaja dibuang di lahan kosong, Kabupaten Bogor. (Foto: istimewa)
Kabupaten Bogor -

Petugas memusnahkan 17 karung sampah medis yang ditemukan di lahan kosong, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di lokasi tersebut.

"Berdasarkan pertimbangan medis, langsung kita musnahkan. Tapi sebelumnya sebagian sudah diambil sampel untuk dijadikan barang bukti," kata Camat Tenjo Kurnia Indra ketika dikonfirmasi detikcom, Selasa (2/2/2021).

"(Pemusnahan) Itu dibakar, karena lokasi kan lahan kosong juga. Ini semua karena pertimbangan medis dan keamanan," kata Kurnia menambahkan.

Kurnia menjelaskan pertimbangan lain sampah medis itu segera dimusnahkan karena khawatir mengundang rasa penasaran warga dan terjadi hal-hal tidak diinginkan. "Khawatirnya kan ada anak-anak atau warga mendekat dan penasaran untuk buka-buka itu. Atau ada tukang pungut sampah, kemudian diambil atau sebagainya. Itu kan membahayakan. Tadi juga pemusnahan disaksikan oleh kepolisian dan pihak puskesmas," tutur Kurnia.

Belasan karung sampah medis ditemukan di lahan kosong Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Selasa (2/2/2021). Limbah medis tersebut berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan masker bekas pakai.

"Sampah medis itu terbungkus 17 karung. Isinya sampah medis," ujar Kurnia

(bbn/bbn)