Butuh Ratusan Truk untuk Angkut Sampah di Pantai Labuan Pandeglang

Rifah Alhamidi - detikNews
Sabtu, 30 Jan 2021 10:18 WIB
Sampah menumpuk di sepanjang pantai Pelabuhan Perikanan Labuan, Banten. Sampah plastik hingga pakaian dan bantal mencemari kawasan tersebut. Berikut potretnya.
Tumpukan sampah di Pantai Labuan Pandeglang, Banten. (Foto: Rifat Alhamidi/detikcom)
Pandeglang -

Pemkab Pandeglang membutuhkan ratusan truk untuk mengangkut sampah di sepanjang pantai Pelabuhan Perikanan Labuan, Banten. Pasalnya, tumpukan sampah di sana diyakini beratnya sudah mencapai puluhan ton.

"Kalau bicara kebutuhan truk angkut, pasti butuh banyak lah, sampai ratusan. Dulu saja seratus lebih buat ngangkutin sampahnya," kata Sekda Pandeglang Fery Hasanudin kepada detikcom di Pandeglang, Banten, Sabtu (30/1/2021).

Wacana tersebut, kata Fery, tidak bisa terealisasi jika hanya mengandalkan upaya Pemkab Pandeglang saja. Ia menyebut, butuh kerja sama antara pemerintah provinsi hingga kementerian agar penanganan sampah Labuan segera tuntas.

"Konsep sama rencana aksinya itu sebetulnya sudah ada, sudah kami buat. Cuma, kita tidak bisa menangani ini sendiri, harus ada yang gerak bareng, kan di sana ada kewenangan pemprov sama pusat juga," ucap Fery.

Selain itu, Pemkab Pandeglang rencananya memberlakukan sanksi denda bagi masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Begitu juga warga yang membuang sampah ke Pantai Labuan.

"Iya, nanti akan ada sanksinya. Terpenting kita bisa memutus mata rantai kenapa sampah itu menumpuk di sana, yang terdampak kan bukan masyarakat jauh dulu kalau ada apa-apa, tapi masyarakat sekitar pantai ini," ujar Ferry.

Puluhan ton sampah terlihat menumpuk di sepanjang pantai Pelabuhan Perikanan Labuan, Desa Teluk, Pandeglang, Banten. Selain menutupi bibir pantai, sampah juga telah mencemari lautan karena dibiarkan begitu saja sejak beberapa tahun.

Tumpukan sampah berbagai jenis mulai dari plastik, styrofoam, bahkan pakaian hingga bantal, ini sudah menjadi pemandangan sehari-hari bagi warga sekitar yang mengadu nasib di tempat pelelangan ikan tersebut. Mereka terbiasa beraktivitas seperti menjemur ikan asin dan melaut, meski bau tumpukan sampah amat menyengat ke indra penciuman.

Kondisi Pantai Labuan menarik perhatian dari Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). Pada Rabu (20/1), rombongan para pejabat kementerian ini langsung turun tangan ikut mencarikan solusi permasalahan sampah di sepanjang pantai Pelabuhan Perikanan Labuan, Pandeglang, Banten.

(bbn/bbn)