Unik! Boks Telepon Khas London Disulap Jadi Toilet Umum di Majalengka

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 10:35 WIB
Majalengka punya toilet umum yang unik berdesain boks telepon khas London
Majalengka punya toilet umum yang unik berdesain boks telepon khas London (Foto: Bima Bagaskara)
Majalengka -

Siapa yang tidak mengenal boks telepon berwarna merah atau Kiosk 6 yang menjadi ikon dari Kota London. Boks telepon yang dibuat pertama kali pada tahun 1935 ini sudah sangat identik dengan Negeri Ratu Elizabeth.

Di Indonesia, boks telepon tersebut banyak dijadikan sebagai tempat 'unik' seperti perpustakaan atau ruang baca. Bahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mengadopsi gaya boks telepon Kiosk 6 itu untuk dijadikan sebagai Kotak Literasi Cerdas atau Kolecer.

Namun di Kabupaten Majalengka, boks telepon tersebut uniknya dijadikan sebagai toilet umum. Boks telepon yang dijadikan sebagai toilet umum itu bisa ditemui di Lapangan GGM Majalengka.

Disana terdapat empat boks telepon yang dijadikan toilet umum. Bentuknya sangat mirip dengan Kiosk 6. Dilihat detikcom, boks telepon itu terbuat dari bahan semen untuk luarnya.

Sedangkan di dalamnya, nuansa berwarna putih begitu kental terlihat. Mulai dari dinding yang menggunakan keramik hingga closet duduk, semuanya bewarna putih. Begitupun dengan lampunya.

Dari segi ukuran, boks telepon itu memiliki tinggi sekitar 4 meter dan lebar 2,5 meter. Boks telepon itu terletak di sebelah utara GGM, dekat dengan tiang bendera yang ada di lapangan GGM.

Namun boks telepon itu belum dibuka untuk umum. Pasalnya revitalisasi lapangan GGM dan pembangunan Sky Walk Raharja di kawasan tersebut belum selesai.

Rencananya Lapangan GGM dan Sky Walk Raharja baru akan dibuka dan diresmikan pada 8 Februari 2021 mendatang, setelah penerapan PPKM di Kabupaten Majalengka selesai dilakukan.

(mud/mud)