Angin Puting Beliung Terjang Kuningan, BPBD Sebut Tak Ada Kerusakan

Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 19:48 WIB
Penampakan angin puting beliung di Kabupaten Kuningan.
Foto: Penampakan angin puting beliung di Kabupaten Kuningan (Istimewa).
Kuningan -

Peristiwa angin puting beliung terjadi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada Kamis (28/1/2021). Video rekaman yang memperlihatkan angin puting beliung menyebar luas di masyarakat.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, pusaran angin puting beliung terlihat menjulang tinggi di atas area persawahan. Dari informasi yang didapat, peristiwa puting beliung tersebut terjadi di Desa Nusaherang, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan.

Dede salah seorang warga Nusaherang mengatakan pusaran angin puting beliung pertama kali terlihat sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu kata dia, kondisi cuaca di lokasi sedang hujan dengan intensitas sedang.

"Ya itu barusan terjadi di desa kami, cuma pusaran anginnya itu melimpir dan tidak ada kerusakan rumah warga atau lainnya. Tadi waktu hujan, saya sadar enggak sadar melihat tiupan anginnya memanjang ke atas," singkat Dede.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Indra Bayu membenarkan adanya angin puting beliung yang terjadi di Desa Nusaherang.

"Betul di Nusaherang, pusaran angin puting beliung terjadi di area persawahan," kata Indra saat dikonfirmasi detikcom melalui pesan singkat.

Ia menjelaskan tidak ada dampak yang diakibatkan dari peristiwa angin puting beliung tersebut. Hal itu karena lokasi kejadian yakni area persawahan jauh dari pemukiman warga.

"Info yang kami terima sementara aman dari pemukiman," pungkasnya.

(mso/mso)