7.720 Vaksin COVID-19 Disebar ke Puskesmas di Kuningan

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 14:11 WIB
Vaksin COVID-19 Tiba di Kuningan
Vaksin COVID-19 tiba di Kabupaten Kuningan. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Kuningan -

Sebanyak 7.720 vaksin COVID-19 tiba di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Rabu (27/1/2021). Vaksin COVID-19 tersebut diantar ke gudang farmasi dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

Pantauan detikcom di lokasi, rombongan kendaraan yang membawa vaksin COVID-19 itu tiba di gudang farmasi pada pukul 13.06 WIB. Setibanya di lokasi, rombongan disambut Bupati Kuningan Acep Purnama.

Rencananya hari ini vaksin COVID-19 itu akan disimpan di gudang farmasi sebelum disebar ke 15 puskemas yang telah ditunjuk sebagai lokasi vaksinasi. "Hari ini menerima 7.720 vaksin dalam keadaan baik sesuai surat ekspedisinya. Hari ini disimpan dan akan disalurkan ke 15 puskesmas, mungkin nanti sore baru didistribusikan," kata Acep.

Pemkab Kuningan menjadwalkan vaksinasi tahap pertama ini pada Kamis 28 Januari 2021. Penyuntikan vaksin COVID-19 ini secara simbolis digelar di Puskesmas Garawangi.

Dalam kegiatan vaksinasi ini ada 10 orang pejabat dan tokoh di Kuningan akan menjadi orang pertama yang menerima suntik vaksin COVID-19. "Ada 10 tokoh dan pejabat seperti wakil bupati, Dandim dan Kapolres," ujar Acep.

Soal vaksin COVID-19 ini, Acep meminta masyarakat Kuningan untuk mendukung program vaksinasi sebagai upaya mengakhiri pandemi yang sudah berlangsung hampir satu tahun. "Saya sampaikan kepada seluruh masyarakat yang akan menerima vaksin ini, saya pastikan vaksin aman dan sudah memenuhi persyaratan, mulai dari keamanan, kehalalan. Makanya saya imbau masyarakat untuk mendukung program vaksinasi," tutur Acep.

(bbn/bbn)