Tim Jibom Evakuasi Granat yang Ditemukan di Sungai Cikapundung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 13:48 WIB
Penemuan Granat Nanas di Sungai Cikapundung
Personel Tim Jibom Polda Jabar mengevakuasi satu granat nanas yang ditemukan di Sungai Cikapundung Bandung. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Tim Jibom Gegana Brimob Polda Jabar mengevakuasi temuan satu granat nanas yang diduga masih aktif di Sungai Cikapundung Bandung. Granat tersebut akan dibawa ke tempat lebih aman.

Tim Jibom itu datang ke lokasi penemuan granat di Jalan Kebongedang, Kelurahan Maleer, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Rabu (27/1/2021), pukul 13.20 WIB. Beberapa personel berompi antipeluru langsung mengamankan granat nanas yang sebelumnya disimpan di halaman rumah warga. Lokasi penyimpanan itu dipasangi garis polisi.

"Dibawa oleh Jibom untuk disposal, nanti dibawa ke Cikeruh (markas Brimob Polda Jabar)," ujar Kapolsek Batununggal Iptu Muryadi di lokasi penemuan.

Berdasarkan penyelidikan, kata Muryadi, granat nanas tersebut pertama kali ditemukan oleh petugas pembersih sampah, yang dikenal dengan sebutan tim 'Gober'. Pasukan tersebut menemukan granat nanas saat membersihkan anak kali Cikapundung Kolot.

"Saat ditemukan, pengamanan awal kita lakukan pemasangan garis polisi," ucap Muryadi.

Tim Gober Bandung menemukan granat nanas yang diduga aktif di sungaiGranat nanas yang ditemukan di Sungai Cikapundung Bandung. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)

Polisi belum bisa memastikan apakah masih aktif atau tidak. Namun dilihat dari fisik, granat itu diduga masih aktif.

"Untuk aktif tidaknya masih ada cincinnya. Tapi kita tidak berani dekat nunggu ahli dari Jibom," kata Muryadi.

Soal asal muasal granat nanas tersebut, polisi juga belum dapat memastikannya. "Belum ada dugaan dari mananya," ucap Muryadi.

Lihat juga video 'Bom Aktif Peninggalan Perang Dunia Gegerkan Warga Kendari':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/bbn)