Viral Video Keributan di Jalanan Sukabumi, Polisi: Sudah Damai-Selesai

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 22:17 WIB
Sekelompok orang terlibat keributan di Sukabumi.
Foto: Sekelompok orang terlibat keributan di Sukabumi (Tangkapan layar video viral).
Sukabumi -

Video sekelompok orang terlibat keributan di jalanan Kota Sukabumi viral di media sosial. Keributan sempat membuat suasana terlihat sedikit mencekam.

Berdasarkan informasi yang diterima, keributan itu terjadi di Jalan Pelabuhan II, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Keributan itu melibatkan salah satu organisasi masyarakat dengan debt collector salah satu lembaga pembiayaan.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni menyatakan masalah tersebut sudah selesai. Kedua belah pihak yang terlibat keributan sepakat berdamai.

"Permasalahan antara anggota ormas dengan debt collector dari salah satu finance sudah selesai dengan musyawarah. Kejadian dipicu kesalahpahaman, motor milik anggota ormas inisial H tiba-tiba diambil dua orang debt collector. Pemilik motor diminta untuk mengambil ke kantor pembiayaan," kata Sumarni kepada detikcom, Senin (25/1/2021).

Setelah insiden itu, pemilik motor kemudian membawa teman-temannya sebanyak 10 orang dan mencari dua orang yang mengambil motornya. Saat itu mereka melihat seseorang yang dicurigai anggota debt collector.

Mereka lantas melakukan pengejaran karena orang yang dicurigai tersebut melarikan diri. Kelompok ormas itu hanya mengamankan sebuah motor matic warna putih tanpa plat nomor.

"Sekelompok massa ormas kemudian mendatangi kantor pembiayaan tersebut dan menanyakan motor rekan mereka yang diamankan oleh DC (debt collector). Anggota kami kemudian bergerak cepat dan melakukan komunikasi antara pihak ormas dan lembaga pembiayaan tersebut," kata Sumarni.

"Sekitar pukul 19.50 WIB, di Aula Rekonfu Polres Sukabumi Kota dilaksanakan mediasi antara oknum anggota Ormas dengan Debt Collector Finance yang dipimpin oleh Wakapolres Sukabumi Kota Kompol Sulaeman dan tim," ucap Sumarni menambahkan.

Hasil dari pertemuan tersebut kedua belah pihak menyepakati permasalahan tersebut selesai. "Hasil musyawarah di antara kedua belah pihak, disepakati bahwa permasalahan tersebut dinyatakan selesai secara kekeluargaan atau musyawarah mufakat yang dituangkan dalam surat pernyataan bersama dan video pernyataan bersama," ujar Sumarni.

(sya/mso)