PPKM Kuningan Diperpanjang, Satgas Perketat Aktivitas Warga

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 14:01 WIB
Bupati Kuningan Acep Purnama.
Bupati Kuningan Acep Purnama (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Kuningan -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Kuningan diperpanjang selama dua pekan atau hingga 8 Februari 2020.

"Sudah pasti diperpanjang sampai tanggal 8 Februari, sambil menunggu arahan dari provinsi. Barangkali ada tindak lanjut dari surat edaran Gubernur, kalau tidak ada ya kita pakai yang lama, cuma akan saya perbarui," kata Bupati Kuningan Acep Purnama di Pendopo Bupati Kuningan Senin (25/1/2021).

Pada PPKM tahap dua nanti, menurut Acep, Satgas Penanganan COVID-19 Kuningan memperketat pengawasan dan kontrol aktivitas masyarakat. Hal itu menyusul adanya kenaikan angka rata-rata per hari kasus positif COVID-19 selama pelaksanaan PPKM Kuningan tahap pertama, 11 hingga 25 Januari ini.

"Melihat kondisi di Kuningan saya minta masyarakat untuk bersabar menahan diri karena prinsipnya PPKM ini bagaimana menekan sebaran COVID-19 dengan mengurangi aktivitas masyarakat," ujar Acep.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Indra Bayu menjelaskan status kewaspadaan Kabupaten Kuningan per hari ini turun dari zona orange ke zona kuning. Meski turun, menurut Indra, PPKM Kuningan akan tetap diperpanjang hingga 8 Februari nanti.

"Kuningan tingkat kewaspadaannya sekarang rendah atau zona kuning. Kita tunggu apakah istilah PPKM lagi, atau PSBB proporsional, beserta ketentuan teknis lainnya," ucap Indra.

(bbn/bbn)