Jalan Ambles dan Pohon Tumbang Timpa Rumah di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 08:28 WIB
Jalan ambles di Ciamis
Jalan ambles di Ciamis (Foto: istimewa)
Ciamis -

Curah hujan yang tinggi di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menimbulkan sejumlah bencana. Jalan penghubung Kecamatan Cimaragas-Cidolog ambles dan sejumlah rumah rusak akibat tertimpa pohon tumbang.

Camat Cimaragas Aa Hendarsin mengatakan jalan itu diketahui ambles pada Minggu (24/1) dengan kedalaman sekitar 20 sentimeter. Lokasinya berada pada Tikungan Arit. Akibat kondisi jalan itu para pengguna jalan khawatir ambles bertambah dalam dan membahayakan keselamatan.

"Memang jalan ini sering ambles meski sudah beberapa kali diperbaiki. Penyebabnya karena kondisi tanah yang labil," ujar Hendarsin, Senin (25/1/2021).

Pemerintah Kecamatan Cimaragas telah menyampaikan hal ini kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan Ciamis. Hendarsin berharap ada tindak lanjut perbaikan jalan ambles itu.

Menurutnya, jalan ini cukup vital untuk masyarakat Cimaragas dan Kecamatan Cidolog, karena jalur utama menuju wilayah perkotaan Ciamis dan Tasikmalaya. Terutama untuk akses perekonomian masyarakat.

"Saat ini yang dibutuhkan adalah memasang rambu peringatan. Karena memang jalan masih bisa dilalui tapi membahayakan, untuk motor dan mobil kecil masih bisa lewat kecuali kendaraan besar. Kami imbau masyarakat hati-hati," kata Hendarsin.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis Ade Waluya mengatakan selain jalan ambles, sejumlah rumah rusak akibat tertimpa pohon tumbang di Cimaragas dan Pamarican saat hujan deras disertai angin kencang.

Beberapa rumah tersebut berada di Desa Raksabaya, Kecamatan Cimaragas dan Desa Sukajadi Kecamatan Pamarican. Kerusakan umumnya pada bagian atap rumah warga bagian genting banyak yang rusak. "Beruntung tidak ada korban dalam kejadian ini," kata Ade.

Menurut Ade, pihaknya menyiagakan anggota Tagana untuk cepat tanggap ketika terjadi bencana. Warga pun diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan.

(bbn/bbn)