Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari dan Istrinya Positif COVID-19

Faizal Amiruddin - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 09:49 WIB
Wabup Pangandaran Adang Hadari dinyatakan positif Corona
Wabup Pangandaran Adang Hadari dinyatakan positif Corona (Foto: Faizal Amiruddin)
Pangandaran -

Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari dan istri Renny Widiastuti terkonfirmasi positif Corona. Keduanya tengah menjalani isolasi mandiri.

"Benar Pak Wabup dan istri terkonfirmasi positif COVID-19, terungkap setelah menjalani tes swab," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yani Ahmad Marzuki, Minggu (24/1/2021).

Menurut Yani diduga keduanya terpapar di tempat yang berbeda. Wakil Bupati Adang Hadari terpapar setelah bepergian dari Bandung sedangkan istrinya terpapar setelah pulang dari Sumbawa NTB. "Kemarin menjalani tes Swab ternyata tadi malam diketahui keduanya positif COVID-19," kata Yani.

Yani juga mengatakan sebelumnya 5 orang keluarga istri Wakil Bupati diketahui positif Corona, setelah pulang dari Kuningan. "Ada 12 orang yang dites swab, ternyata ada 5 yang positif. Kemudian kami lakukan pemeriksaan terhadap Pak Wabup dan ibu, ternyata positif juga," kata Yani.

Yani menambahkan saat ini Wabup dan istri menjalani isolasi mandiri di kediaman keluarganya di Desa Pamotan Kecamatan Kalipucang Pangandaran. "Kondisinya tanpa gejala sehingga untuk sementara menjalani isolasi mandiri," kata Yani.

Hari ini pihaknya juga akan melakukan penelusuran kontak terhadap orang-orang terdekat Walil Bupati, termasuk sopir atau ajudan. "Tracing contact baru akan dilakukan hari ini," kata Yani.

Sementara itu kasus Corona di Kabupaten Pangandaran terus mengalami peningkatan. Data sampai hari Sabtu (23/1/2021) tercatat ada 214 warga yang positif Corona. 26 orang diantaranya dirawat di RSUD Pandega sementara sisanya isolasi mandiri.

Kabupaten Pangandaran masuk dalam kategori daerah di Jawa Barat yang tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan. Warganya dinilai kurang patuh pakai masker. Pangandaran berada di nomor urut tiga setelah Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya sebagai daerah yang tidak disiplin protokol kesehatan.

Tonton juga '

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)