20 Nakes Terpapar Corona, Dua Puskesmas di Kuningan Ditutup Sementara

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 12:01 WIB
Dua puskesmas di Kuningan tutup layanan akibat puluhan nakes positif Corona
Dua puskesmas di Kuningan tutup layanan akibat puluhan nakes positif Corona (Foto: Bima Bagaskara)
Kuningan -

Pelayanan dua puskesmas yakni Puskesmas Kuningan dan Puskesmas Maleber ditutup sementara menyusul ditemukannya tenaga kesehatan (nakes) yang positif COVID-19.

Informasi yang didapat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, ada 20 nakes dari dua puskesmas tersebut yang positif terpapar virus corona.

"Kemarin ada nakes ada 20 nakes dari dua puskesmas yang terpapar, 9 nakes di Puskesmas Kuningan dan 11 nakes di Puskesmas Maleber," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Susi Lusianti saat diwawancarai detikcom Jumat (22/1/2021).

Untuk menghindari penularan kepada masyarakat, pelayanan di dua puskesmas itu ditutup selama tiga hari. Kata Susi hal itu juga dilakukan untuk mengistirahatkan nakes yang saat ini kondisinya mulai kelelahan.

"Puskesmas yang ada kasus di atas 5 langsung tutup selama 3 hari untuk mengistirahatkan dulu nakesnya yang memang sudah kelelahan. Untuk Puskesmas Kuningan ditutup mulai Rabu, Kamis, Jumat. Untuk Maleber Kamis, Jumat, Sabtu," ungkapnya.

Upaya tracing terhadap kontak erat 20 nakes tersebut menurut Susi sudah dilakukan. Ia pun mengungkapkan saat ini transmisi lokal di Kabupaten Kuningan sudah terjadi begitu cepat.

"Sekarang penyebaran sudah merata di Kabupaten Kuningan dan transmisi lokal begitu banyak. Memang dalam dua bulan ini kenaikan di Kabupaten Kuningan sangat drastis," lanjut Susi.

Dengan penambahan 20 nakes itu menambah total nakes di Kabupaten Kuningan yang terpapar virus corona. Sejak awal pandemi hingga hari ini sudah ada 181 nakes yang positif COVID-19.

(mud/mud)