Marwan-Iyos Ditetapkan Menang Pilbup Sukabumi, Cabup Abubakar: Selamat!

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 17:03 WIB
Cabup Sukabumi Abubakar memberikan selamat kepada Marwan-Iyos yang menang Pilkada
Cabup Sukabumi Abubakar memberikan selamat kepada Marwan-Iyos yang menang Pilkada (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Calon Bupati Nomor Urut 3 pada Pilkada Kabupaten Sukabumi Abubakar Sidik menghadiri rapat pleno penetapan calon terpilih Pilkada oleh KPU Kabupaten Sukabumi. Mengenakan setelan kemeja putih dan bersarung, Abubakar terlihat beberapa kali melempar senyum.

Didampingi pimpinan partai pengusungnya, Abubakar mengucapkan selamat kepada pasangan nomor urut 2 Marwan Hamami - Iyos Somantri karena sudah memenangkan kontestasi Pilkada Kabupaten Sukabumi.

"Saya haturkan selamat kepada pasangan Pak marwan dan Pak Iyos bagaimanapun itu hasil ikhtiar dan itulah pilihan gusti Allah. Mudah mudahan beliau bisa menjalankan amanat-amanat yang disampaikan masyarakat Sukabumi. Kami dari masyarakat dan saya dari paslon 3 pasti akan mendukung karena semuanya untuk kemaslahatan masyarakat," kata Abubakar usai mengikuti rapat pleno KPU Kabupaten Sukabumi di Augusta Hotel, Palabuhanratu, Kamis (21/1/2021).

Abubakar juga menyampaikan terimakasih kepada KPU dan semua yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada. Ia meyakini apa yang menjadi ketetapan hari ini adalah pilihan yang terbaik.

"Mengenai pembangunan lima tahun ke depan, saya percaya calon terpilih sudah bisa menyelenggarakan, hanya dari kami itu ada pesan khusus tentang perbedaan perbedaan keragaman menjadi ciri khas indonesia itulah yang harus kita yakini bahwa gusti Allah memberikan anugrah berupa perbedaan, perbedaan agama, perbedaan suku dan itu jangan jadi halangan untuk bergerak memajukan Sukabumi," lanjut Abubakar.

Rapat pleno penetapan calon terpilih Kabupaten Sukabumi hanya dihadiri oleh calon bupati nomor urut 3 Abubakar Sidik dan Calon Wakil Bupati nomor urut 2 Iyos Somantri. Sementara pasangan nomor urut 1 Adjo Sardjono dan Iman Adinugraha hanya diwakili oleh Liaison Officer (LO) dan perwakilan partai pengusung.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Feri mengatakan pihaknya sudah secara resmi memberikan undangan kepada seluruh paslon dan sudah ada tanda terimanya. Walaupun kemudian nomor urut 1 hanya diwakili oleh pengusungnya.

"Sebenarnya seluruh paslon hanya dua yang hadir paslon 2 dan 3, paslon 1 mungkin berhalangan, tapi kami sudah mengundang secara resmi ke pihak masing masing paslon sudah ada tanda terimanya, tapi paslon nomor 1 diwakili oleh pengusungnya," kata Feri.

"Inikan sebenarnya untuk pleno terbuka ini kami hanya diwajibkan untuk mengundang, tapi kalau tidak hadirkan kembali ke masing masing pihak mau datang atau tidak, jelas kami sudah mengikuti aturan mengundang paslon seluruhnya. Tidak ada informasi kenapa (paslon no 1) tidak hadir," sambung Feri.

Pihaknya dijelaskan Feri telah menetapkan pasangan nomor urut 2 sebagai paslon terpilih di pilkada 2020. Semua tahapan proses penyelenggaraan Pilkada dikatakan Feri berjalan dengan baik.

"Tanpa ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi kami menyerahkan dokumen hadirnya beserta dokumen lainnya ke DPRD Kabupaten Sukabumi setelah itu kami tidak ada lagi tugas untuk masalah Pilkada," pungkas dia.

(sya/mud)