Bupati Bandung Barat Jalani Swab Test Kedua, Kondisinya Mulai Membaik

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 12:48 WIB
Bupati Bandung Barat Aa Umbara
Foto: Bupati Bandung Barat Aa Umbara (Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat - Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna sudah menjalani swab test ke dua untuk memastikan kondisinya apakah masih positif COVID-19 atau tidak.

Aa Umbara menjalani swab test pada Selasa (19/1/2021) di rumahnya oleh tenaga kesehatan dari RSUD Lembanh. Namun hingga saat ini, hasil swab test Aa Umbara belum keluar.

"Hasil swab test ke dua belum keluar karena agak lama juga, kan ngantri," ungkap Direktur Utama (Dirut) RSUD Lembang Eisenhower Sitanggang saat dihubungi, Kamis (21/1/2021)

Eisen menyebut kondisi Aa Umbara saat ini sudah jauh membaik karena tak perlu lagi menggunakan alat bantu pernafasan seperti beberapa hari sebelumnya.

"Secara kondisi kesehatan membaik, enggak pakai oksigen lagi dan sudah bisa jalan-jalan di rumah. Hanya saja masih isolasi mandiri. Untuk kondisi ibu (istri bupati) juga sudah membaik," terangnya.

Tak hanya Aa Umbara dan istrinya saja yang positif, anak Aa Umbara yang juga merupakan anggota DPR RI Rian Firmansyah.

Rian Firmansyah sendiri saat ini sedang menjalani perawatan di ruang isolasi khusus COVID-19 RSUD Lembang. Rian sempat mengeluhkan sesak nafas sehingga perlu mendapatkan penanganan medis.

"Rian dirawat karena ada keluhan sesak, enggak ada keluhan lain selain sesak. Masuk hari Senin malam, mungkin beberapa hari lagi sudah sembuh," kata Eisenhower.

Pihaknya belum bisa mengungkap dari mana sumber penularan COVID-19 terhadap sekeluarga Aa Umbara. "Kalau sumbernya dari mana itu ranahnya Dinas Kesehatan, tapi kalau melihat kan mobilitas mereka tinggi," tandasnya. (mso/mso)