Tiang Diterjang Banjir Bandang, Listrik di Gunung Mas Bogor Padam

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 18:43 WIB
Banjir bandang melanda kawasan Kabupaten Bogor. Rumah-rumah rusak dan mengakibatkan sejumlah warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Berikut potretnya.
Dampak kerusakan banjir bandang di Bogor (Foto: M. Sholihin/Detikcom)
Bogor -

Banjir bandang yang menerjang Cisarua, Kabupaten Bogor menimbulkan dampak. Bahkan gardu listrik di kawasan itu ikut terdampak mengakibatkan aliran listrik padam.

"Sampai dengan pukul 15.30 WIB, jumlah gardu yang terdampak sebanyak satu gardu dikarenakan satu tiang hanyut terbawa aliran banjir bandang," ujar Manager Komunikasi PLN UID Jawa Barat Iwan Ridwan dalam keterangannya, Selasa (19/1/2021).

Iwan menuturkan akibat gardu terdampak, aliran listrik di kawasan banjir bandang padam. Adapun beberapa yang terdampak di antaranya Kampung Rawa Dulang, Komplek Gunung Mas, Perkebunan Teh PTPN Gunung Mas dan Camp Ground Gunung Mas.

"Mengakibatkan aliran listrik padam," tuturnya.

PLN Bogor sudah mengerahkan sebanyak 15 petugas dan empat kendaraan operasional guna menanggulangi gardu dan aliran listrik yang padam.

"PLN Bogor mengerahkan 15 Petugas dan 4 kendaraan operasional untuk dapat segera memulihkan kondisi kelistrikan di wilayah Bogor. Setelah banjir surut, warga dapat menghubungi Contact Center PLN 123 untuk dinyalakan kembali," kata dia.

"Pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering, PLN akan memastikan semua jaringan distribusi aman untuk dapat dioperasikan kembali untuk menyalurkan listrik ke lokasi pelanggan," kata Iwan menambahkan.

Seperti diketahui, Banjir bandang menerjang rumah warga di kawasan Gunung Mas Puncak, Kabupaten Bogor, Selasa (19/1/2021). Sebanyak 900 orang mengungsi dan 7 bangunan rusak akibat kejadian itu.

Sempat terjadi dua kali banjir bandang. Pertama, berlangsung pukul 09.00 WIB. Kedua, banjir bandang terjadi sekitar pukul 12.00 WIB.

(mud/mud)